Menteri Nadiem: Tidak Ada Rencana Menghilangkan Pelajaran Agama

Pelajaran agama akan tetap ada

Jakarta, IDN Times - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim, memastikan tidak akan menghapus mata pelajaran agama dari kurikulum pendidikan dan dari Peta Jalan Pendidikan Indonesia.

"Kemendikbud tidak akan pernah dan tidak pernah akan menghilangkan pelajaran beragama," ujar Mendikbud Nadiem dalam video yang diunggah di akun Instagramnya (@nadiemmakarim) hari ini, Rabu (10/3/2021).

1. Kepercayaan dan Ketuhanan yang Maha Esa jadi profil Pelajar Pancasila

Menteri Nadiem: Tidak Ada Rencana Menghilangkan Pelajaran AgamaMenteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim memaparkan program Merdeka Belajar: Kampus Merdeka (Dok.Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud)

Nadiem mengingatkan  profil pertama dari Pelajar Pancasila yang dirancang Kemendikbud adalah Kepercayaan dan Ketuhanan Yang Maha Esa serta ketakwaan dan akhlak mulia.

Nadiem menegaskan hal menjadi objektif daripada seluruh reformasi pendidikan di Tanah Air. Karen itu tak mungkin Kemendikbud akan menghapus mata pelajaran agama dari Peta Jalan dan kurikulum pendidikan di Indonesia.

Baca Juga: Nadiem Luncurkan Program Guru Belajar dan Berbagi untuk Calon Guru ASN

2. Mendikbud minta masyarakat berpikir kritis

Menteri Nadiem: Tidak Ada Rencana Menghilangkan Pelajaran AgamaMendikbud Nadiem Anwar Makarim di sela Rapat Koordinasi dengan Dinas Pendidikan se-Indonesia (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Panasnya situasi di tengah masyarakat akibat isu yang menyebutkan pelajaran agama tidak dimasukkan dalam peta jalan pendidikan Indonesia membuat Nadiem terkejut.

Dia meminta agar masyarakat lebih berpikir kritis dan tidak mudah pecaya pada informasi yang belum jelas kebenarannya.

"Jadi kita pasti akan memasukkan frasa agama di dalam itu (peta jalan pendidikan)," ujar Nadiem.

3. Kemdikbud tak pernah berniat hapus pelajaran agama

Menteri Nadiem: Tidak Ada Rencana Menghilangkan Pelajaran AgamaHendarman, Kepala Pusat Penguatan Karakter Kemendikbud saat sedang menjadi narasumber dalam acara Media Briefing bertema "Peran Orangtua Ciptakan Lingkungan Siber Aman". 10 Februari 2021. IDNTimes/M. Tarmizi Murdianto

Pelaksana tugas (plt.) Kepala Biro Kerja Sama dan Humas Kemendikbud Hendarman menegaskan Kemendikbud tak pernah berencana menghilangkan pelajaran agama dalam Peta Jalan Pendidikan 2020-2035.

"Kemendikbud tidak pernah berencana menghilangkan pelajaran agama dalam Peta Jalan Pendidikan 2020-2035. Mata pelajaran agama akan tetap ada," kata Hendarman dikutip dalam keterangan tertulis pada Selasa (9/3/2021).

Baca Juga: Jokowi Minta Pemprov Lakukan Vaksinasi ke Kiai dan Tokoh Agama

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya