Comscore Tracker

Nadiem Luncurkan Program Guru Belajar dan Berbagi untuk Calon Guru ASN

Terdapat lebih dari 60 ribu RPP dalam program tersebut

Jakarta, IDN Times – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim resmi meluncurkan program Guru Belajar dan Berbagi - Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Program ini ditujukan bagi para guru honorer yang akan mengikuti tes PPPK agar dapat mengasah keterampilan dan mengerjakan soal dengan belajar mandiri.

“Saya kagum dan dan bangga pada ibu dan bapak yang telah menjadi guru pembelajar, guru yang terus bergotong-royong dan guru yang terus meningkatkan kompetensi diri demi memberikan layanan terbaik kepada anak-anak kita,” ujar Nadiem dalam sambutannya yang dipantau di Jakarta, seperti dikutip ANTARA, Rabu (3/3/2021).

1. Sebelumnya program tersebut hanya sebagai akses berbagi antar guru

Nadiem Luncurkan Program Guru Belajar dan Berbagi untuk Calon Guru ASNIlustrasi kegiatan belajar mengajar siswa-siswi SMA. ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Sebelum program Guru Belajar dan Berbagi diperuntukan bagi calon guru ASN, program tersebut sudah ada dan digunakan sesama guru untuk saling memberikan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki dan program tersebut dapat dibuka pada laman resmi berikut, https://gurubelajardanberbagi.kemdikbud.go.id.

“Semangat ibu dan bapak sekalian selama pandemi untuk terus beradaptasi, dan tidak mau kalah dengan tantangan merupakan hal yang sungguh luar biasa. Melalui program Guru Belajar dan Berbagi tercatat sekitar setengah juta guru mengaktualisasikan berbagai kompetensinya, melakukan evaluasi diri, serta mengembangkan diri secara mandiri dan berkelanjutan,” ujar Nadiem.

Baca Juga: Kunjungi 13 Lokasi, Ini Kata Mendikbud Nadiem soal Pendidikan di Papua

2. Tersedia lebih dari 60 ribu rencana pelaksanaan pembelajaran di program Guru Belajar dan Berbagi

Nadiem Luncurkan Program Guru Belajar dan Berbagi untuk Calon Guru ASNIlustrasi anggota PGRI.(IDN Times/Ervan Masbanjar)

Program yang telah diluncurkan Mendikbud ini memiliki banyak rencana pelaksanaan pembelajaran yang dapat diakses dan diunduh oleh para Calon Guru ASN dalam meempersiapkan bahan ajar untuk melaksanakan test PPPK.

Dalam program Guru Belajar dan Berbagi terdapat 65.612 RPP yang dapat diakses 76 juta pengunjung dan 20 juta kali unduhan. Diharapkan dari bahan ajar yang tersedia para guru mampu memberikan pembelajaran kepada murid agar dapat menggali potensi dan pola pikir mereka kedepannya.

“Meneruskan kabar baik itu, saya menyampaikan kembali harapan dan cita-cita dari Merdeka Belajar yaitu menciptakan pembelajaran yang berpihak kepada murid dan memerdekakan pemikiran dan potensi mereka,” kata dia.

3. Program ini dibuat untuk menciptakan guru berkualitas

Nadiem Luncurkan Program Guru Belajar dan Berbagi untuk Calon Guru ASNIlustrasi Profesi (Guru) (IDN Times/Mardya Shakti)

Pembuatan program ini menjadi ujung tombak cita-cita kemerdekaan yang terdiri dari guru-guru berkualitas dengan langkah awal membuka diri dan terus belajar sehingga dapat menciptakan ruang belajar yang aktif dan menyenangkan bagi para peserta didik.

“Oleh karena itu, kami berupaya dengan sungguh-sungguh untuk terus memperjuangkan hak para pendidik, khususnya peningkatan kesejahteraan dan perlindungan kerja sehingga mereka dapat mencurahkan perhatiannya secara penuh untuk menghadirkan proses belajar mengajar yang aktif dan menyenangkan,” ucap Nadiem.

Baca Juga: Hari Guru Nasional, Mendikbud Apresiasi Pengorbanan Guru saat Pandemik

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya