Comscore Tracker

Nadiem Gaet Netflix, Bakal Kirim Script Writer Indonesia ke Hollywood

Netflix siap kucurkan dana hingga US$1 juta untuk pelatihan

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pendidikan Kebudayaan resmi mengumumkan akan melakukan kerja sama di bidang kebudayaan dengan Netflix. Perihal kerja sama itu disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makariem di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Kamis (9/1).

Saat itu Nadiem tak sungkan mengakui sebagai salah satu fans Netflix. "Ini hari yang sangat senang buat saya. Saya ngefans banget sama Netflix," kata Nadiem saat menyampaikan sambutannya.

Selain itu, Nadiem juga menjabarkan kerja sama apa saja yang akan dibangun dengan Netflix.

1. Akan kirim 15 script writer terbaik ke Hollywood

Nadiem Gaet Netflix, Bakal Kirim Script Writer Indonesia ke HollywoodMendikbud Nadiem Anwar Makarim dalam acara kerjasama Kemendikbud dengan Netflix (Dok.IDN Times/Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)

Nadiem mengatalan Netflix akan mengadakan pelatihan-pelatihan perfilman. Pelatihan akan dilaksanakan bagi 15 script writer terpilih.

Tak hanya sekadar pelatihan, 15 script writer yang terpilih akan dikirim mengikuti pelatihan langsung ke Hollywood,  Los Angeles, Amerika Serikat.

"Makanya inisiatif pertama kami senang sekali mengumumkan bahwa Netflix akan mengadakan pelatihan kepada 15 script writer Indonesia terpilih yang akan dikirim ke Hollywood," kata Nadiem.

Selain itu, pelatihan juga akan dilakukan di Indonesia bagi 100 penulis.

Baca Juga: Nadiem Harap Cetak Biru Program Merdeka Belajar Selesai 6 Bulan

2. Netflix kucurkan dana US$1 juta untuk mengadakan pelatihan

Nadiem Gaet Netflix, Bakal Kirim Script Writer Indonesia ke HollywoodKerjasama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Netflix (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Tidak hanya mengadakan dan mengirim orang-orang terbaik untuk pelatihan hingga ke Hollywood, Netflix juga akan memberikan pelatihan bagi 100 script writer di Indonesia.
Netflix menyediakan dana sebesar US$1 juta untuk melaksanakan pelatihan-pelatihan tersebut.

"Terima kasih Netflix sudah ada komitmen sebesar 1 juta dolar untuk pembangunan kapasitas kreativitas,. Dan juga akan juga mengadakan workshop di Indonesia dengan 100 penulis untuk melanjutkan pola pelatihan itu," lanjut Nadiem.

Selain itu, juga akan diselenggarakan kompetisi film-film pendek dengan tema Pancasila. Hal ini dilaksanakan guna meningkatkan perfilman di Indonesia.

3. Pilih film jadi jalur promosi budaya

Nadiem Gaet Netflix, Bakal Kirim Script Writer Indonesia ke HollywoodKerjasama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Netflix (IDN Times/Margith Juita Damanik)

"Film itu unik. Itu merupakan channel distribusi talenta di budaya kita yang paling cepat," kata Nadiem menyampaikan alasannya memilih perfilman menjadi jalan untuk memamerkan budaya Indonesia secara global.

Film dirasa Nadiem merupakan langkah yang tak hanya tepat, tapi juga cepat. "Kalau kita ingin menunjukan kemampuan kita, kita ingin memamerkan keindahan budaya kita, keindahan dan kehebatan talenta-talenta kita. Saya rasa gak ada cara yang lebih cepat daripada perfilman," kata Nadiem.

Nadiem beranggapan, dengan perfilman kebudayaan Indonesia dapat tampil di panggung dunia.

Baca Juga: Nadiem Makarim Janjikan Guru Terdampak Banjir Dapat Tunjangan Khusus

Topic:

  • Umi Kalsum

Just For You