Comscore Tracker

Panglima TNI dan Sejumlah Menteri Akan Segera Kunjungi Wamena

Kondisi di Wamena berangsur pulih

Jakarta, IDN Times - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyebutkan proses pendidikan berupa kegiatan belajar mengajar di wilayah Wamena, Papua, akan kembali berjalan normal mulai Senin (7/10).

Hal ini disampaikan Hadi usai mengikuti upacara parade dan defile HUT ke-74 TNI di Taxy Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10).

Pada 7 Oktober 2019 juga, Hadi bersama sejumlah kementerian akan bertolak ke Wamena. Proses pendidikan kembali normal dilakukan seiring kondisi Wamena yang mulai pulih pasca-kerusuhan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Kirim Bantuan untuk Ambon dan Wamena

1. Panglima TNI dan sejumlah menteri akan bertolak ke Wamena

Panglima TNI dan Sejumlah Menteri Akan Segera Kunjungi WamenaIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Hadi mengaaku akan bertolak ke Wamena pada Senin (7/10) mendatang bersama sejumlah menteri.

"Besok tanggal 7, Menkopolhukam, Panglima TNI, Kapolri, Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan, Kementerian BUMN, dan Kementerian PUPR, akan terjun ke lapangan, ke Wamena," kata dia.

2. Masyarakat lokal tak ingin pendatang tinggalkan Wamena

Panglima TNI dan Sejumlah Menteri Akan Segera Kunjungi Wamena(Warga mengungsi dari Wamena) ANTARA FOTO/Iwan Adisaputra

Panglima TNI mengaku dari informasi yang diperoleh ada kabar positif dari Wamena. "Positifnya adalah hampir banyak penduduk asli, penduduk lokal tidak menginginkan bahwa pendatang itu pulang," kata Hadi.

"Jadi menginginkan tetap berada di wamena, atau pun di Oksibil, atau pun di Ilaga, itu tetap menginginkan di sana," lanjut dia.

Hadi juga mengatakan banyak masyarakat Papua atau pendatang menginginkan permasalahan di Bumi Cendrawasih segera tuntas. Mereka juga berharap agar stabilitas keamanan di Papua kembali normal seperti semula.

3. Kegiatan sekolah kembali berjalan mulai pekan depan

Panglima TNI dan Sejumlah Menteri Akan Segera Kunjungi WamenaIDN TIMES/Aan Pranata

Selain masalah keamanan, menurut Hadi, penduduk atau masyarakat setempat juga menginginkan kegiatan sekolah dapat kembali berjalan. Baik aktivitas di SD, SMP, maupun SMA.

Namun, Hadi menegaskan, proses pendidikan akan mulai kembali berjalan pada pekan depan. "Dari apa yang kita peroleh informasi bahwa mulai Senin (5/10) untuk pendidikan itu sudah mulai normal kembali," kata dia.

4. Tak ada gangguan untuk bantuan logistik dan kesehatan

Panglima TNI dan Sejumlah Menteri Akan Segera Kunjungi WamenaANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Hadi menyebutkan tidak ada gangguan untuk penyaluran logistik dan kesehatan. "Alhamdulillah logistik tidak ada masalah, dan bantuan kesehatan, termasuk dapur lapangan di Wamena, semuanya berjalan dengan baik," kata dia.

Hadi menyebutkan terdapat 3.800 pengungsi yang ada di wilayah Wamena ikut berlindung di beberapa tempat. Termasuk di Koramil, di Kodim, maupun di Polsek.

"Sedangkan di Jayapura sendiri itu ada 8.600. Tapi yang ada di penampungan itu kurang lebih hanya 3.500, 5.000 lainnya karena ikut saudaranya yang ada di wilayah Jayapura," kata Panglima TNI.

Baca Juga: Sudah Mereda, Berikut Sejumlah Fakta Terkait Kerusuhan di Wamena

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya