Panglima TNI: Hunian Sementara untuk Pengungsi Papua akan Dibangun

Listrik juga akan segera diperbaiki

Jakarta, IDN Times - Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, menyampaikan bahwa telah ada kerja sama dengan Kementerian PUPR. Salah satu bentuk koordinasi yang dilakukan adalah akan dibangunnya hunian sementara untuk para pengungsi di Papua.

Hal ini disampaikan Hadi usai mengikuti upacara parade dan defile HUT TNI ke-74 di Taxy Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Upacara parade dan defile dilakukan pada Sabtu (5/10).

1. TNI mendukung kepolisian menggelar kekuatan

Panglima TNI: Hunian Sementara untuk Pengungsi Papua akan DibangunIDN Times/Margith Juita Damanik

Marsekal Hadi mengatakan TNI menggelar kekuatan dalam rangka mendukung kepolisian Republik Indonesia di beberapa tempat. Termasuk di dalamnya di Jayapura dan Wamena.

"Tujuannya adalah memberi kepercayaan kepada masyarakat yang ada di Wamena, juga termasuk sipil bahwa stabilitas keamanan terus akan kita jaga sehingga perekonomian di wilayah-wilayah tersebut dapat berjalan. Itu yang kita upayakan," jelas Hadi.

Baca Juga: Sudah Mereda, Berikut Sejumlah Fakta Terkait Kerusuhan di Wamena

2. Hunian sementara untuk para pengungsi akan dibangun

Panglima TNI: Hunian Sementara untuk Pengungsi Papua akan DibangunANTARA FOTO/Arnas Padda

Menurut Hadi, sudah ada koordinasi dengan Menteri PUPR terkait dengan akan segera merehabilitasi gedung-gedung yang rusak. "Termasuk kami juga mendengar bahwa akan juga dibangun hunian sementara untuk para pengungsi," kata dia.

Kementerian Sosial dan Kementerian Kesehatan hingga saat ini menurut Hadi masih terus memantau para pengungsi. Khususnya di wilayah-wilayah di Jayapura yang terbagi di beberapa tempat.

3. Perbaikan pada listrik yang rusak

Panglima TNI: Hunian Sementara untuk Pengungsi Papua akan DibangunJenderal TNI Mulyono (kiri) ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Tak hanya rehabilitasi gedung-gedung yang rusak dan rencana membangun hunian sementara, listrik juga menjadi salah satu unsur yang diperhatikan. Koordinasi menurut Hadi telah dilakukan dengan Menteri BUMN terkait hal tersebut.

"Mentri BUMN kemarin juga sudah berkoordinasi dengan saya untuk terus melakukan perbaikan pada listrik atau PLN yang rusak yang ada di Wamena. Dan terus secara bertahap kita perbaiki," kata Hadi.

Baca Juga: Panglima TNI dan Sejumlah Menteri Akan Segera Kunjungi Wamena

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya