Pemprov DKI Klaim Berhasil Tekan Kenaikan Harga Selama Ramadan

Sandiaga Uno terharu

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno terharu melihat harga-harga bahan pangan tetap stabil selama Ramadan. Sebab pada tahun-tahun sebelumnya harga-harga selalu naik, terutama menjelang lebaran.

"Tahun-tahun sebelumnya jadi mitos harga selalu bergejolak secara fluktuatif dan meningkat tajam di lebaran," kata Sandiaga Uno di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (19/6).

Dalam kesempatan tersebut Sandiaga memaparkan keberhasilan pemerintah menahan harga harga-bahan pangan sehingga menjadi stabil selama bulan Ramadan.

1. Hasil kerja bersama  

Pemprov DKI Klaim Berhasil Tekan Kenaikan Harga Selama Ramadan IDN Times/Margith Juita Damanik

Sandi mengatakan keberhasilan Pemprov DKI Jakarta menahan meningkatnya harga bahan pangan tidak terlepas dari kerja keras berbagai pihak. "Ini berkat kerja keras kita semua," kata Sandi hari ini (19/6).

Sandi mengapresiasi kinerja segala pihak yang membantu, mulai dari Kementerian Pertanian, Bulog, Kementerian Perdagangan, BPS, BI, BUMD, Koperasi Pasar, Satgas dan warga. "Khususnya emak-emak yang terus meneriakkan menyampaikan aspirasi di setiap kunjungan pasar kita bahwa dia tidak mau adanya gejolak harga," kata Sandi.

2. Sandiaga terharu melihat inflasi turun

Pemprov DKI Klaim Berhasil Tekan Kenaikan Harga Selama Ramadan Pemprov DKI

Sandiaga juga memaparkan Inflasi di DKI Jakarta bulan Juni 2018 ini sebesar 0,45 persen (month to month). "Memang tinggi tapi turun dibanding tahun lalu," kata Sandi lagi. Sedangkan angka untuk year today tahun lalu sebesar 1,85 persen sedangkan tahun ini 1,41 persen.

"Ini prestasi besar. Ini luar biasa ini. Saya terharu loh," kata Sandi kepada wartawan. "Saya ngelihat kalau ini komitmen sama-sama, ternyata bisa juga," tambahnya.

Sementara Kepala Biro Perekonomian Pemprov DKI Jakarta, Sri Haryati, menyampaikan inflasi DKI Jakarta tertinggi tidak berasal dari bahan makanan. "Tapi dari makanan jadi, minuman dan rokok," kata Sri. "Posisi di 0.81 persen. Bahan makanan di 0.51," .

3. Masyarakat bisa memantau harga melalui infopangan.jakarta.go.id  

Pemprov DKI Klaim Berhasil Tekan Kenaikan Harga Selama Ramadan Pemprov DKI

Pendisiplinan terhadap penjualan bahan pangan telah dilakukan Pemprov DKI Jakarta sejak tahun 2014 silam. "Kini kita bisa rasakan manfaatnya," kata Sandiaga.

Pemprov DKI Jakarta juga lebih transparan kepada masyarakat terkait harga jual bahan pangan. Masyarakat dapat melihat harga-harga komoditi yang dijual melalui website resmi pemerintah di infopangan.jakarta.go.id

Selain melihat perubahan harga, masyarakat juga dapat melihat grafik harga dari komoditi yang dijual. Naik turun harga dapat dilihat dari grafik tersebut.

Baca Juga: Kenapa Ular Memangsa Manusia? Ini Jawaban Ahli

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya