Presiden Jokowi Pimpin HUT ke-74 TNI di Halim 

Akan ada berbagai atraksi unggulan dari personel TNI lho!

Jakarta, IDN Times - Tentara Nasional Indonesia (TNI) memperingati hari jadinya yang ke-74 hari ini (5/10). Puncak peringatan HUT TNI dilaksanakan di Taxy Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Sebanyak 6.806 personil disiapkan untuk menggelar parade. Selain itu, ada pula defile danalutsista yang akan dipamerkan. Presiden Republik Indonesia, Joko "Jokowi" Widodo terlihat memimpin upacara HUT ke-74 TNI. Selain itu, ada pula Wakil Presiden Jusuf "JK" Kalla yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Lalu, apa saja yang dapat disaksikan oleh publik dari HUT TNI tahun ini?

1. Ada parade dari tiga matra di TNI

Presiden Jokowi Pimpin HUT ke-74 TNI di Halim (HUT ke-74 TNI) IDN Times/Margith Juita Damanik

Adapun susunan alusista parade terdiri dari radar surveillance 2 unit, Turangga 2 unit, Oerlicon 2 unit, RM 70 Grad 2 unit, MRLS 4 unit, Serpa 2 unit, MPCP Mistral 2 unit, Caesar 4 unit, Atlas Mistral 2 unit, Astros 4 unit, Anoa 8 unit, Boeing 737 2 unit, CN 235 2 unit, F-16 2 unit.

Selain itu ada juga defile yang terdiri dari semua matra di TNI yakni Defile POM TNI (48 personel 24 alusista), Defile Matra Darat (1.172 personel 415 alusista), Defile Matra Laut (522 personel, 116 alusista), Defile Matra Udara (259 personel, 58 alusista). Tim defile dipimpin oleh Kolonel Infranteri Sachono.

Selain parade dan defile, akan ada juga penampilan keterampilan oleh para personel TNI. Yang akan ditampilkan antara lain keterampilan prajurit Kolonel senapan, bela diri militer, tari perang garuda, terjun payung, demo udara (fly pass, BTU, tempur udara dan composite strike, jupiter aerobatic, boms burst).

Baca Juga: Kado Spesial untuk TNI, Polwan Arak 74 Tumpeng ke Makodim Tuban

2. Persiapan sudah dilakukan sejak pagi hari

Presiden Jokowi Pimpin HUT ke-74 TNI di Halim (HUT ke-74 TNI) IDN Times/Margith Juita Damanik

Berdasarkan pantauan IDN Times dari Taxy Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, seluruh personel yang bertugas dalam upacara parade dan defile sudah bersiap sejak pagi hari. Upacara diagendakan dimulai pukul 07.30 WIB.

Sejak pukul 06:30 WIB, personel TNI yang bertugas sudah siap. Mereka mendapat arahan satu komando dan telah melatih gerakan, bahkan sapaan apabila bertemu Presiden. 

3. Presiden Jokowi memimpin HUT ke-74 TNI

Presiden Jokowi Pimpin HUT ke-74 TNI di Halim ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Dalam puncak HUT ke-74 TNI, Presien Jokowi diketahui memimpin upacara parade dan defile. Jokowi turut didampingi ibu negara, Iriana Widodo. 

Jokowi didampingi Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, Kasad Jendral TNI Andika Perkasa, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, dan Kasau Marsekal TNI Yuyu Yustina akan memimpin upacara parade dan defile peringatan HUT ke-74 TNI yang mengusung tema "TNI Profesional Kebanggaan Rakyat".

4. Upacara HUT TNI disambut antusias oleh masyarakat

Presiden Jokowi Pimpin HUT ke-74 TNI di Halim (TNI tengah berlatih di HUT ke-74) ANTARA FOTO/Rahmada

Sejumlah masyarakat tampak hadir sebagai pendukung dan penonton dalam upacara parade dan defile. Sejumlah penonton bahkan hadir sejak pagi hari jauh sebelum waktu upacara dimulai.

Asops Dankormar Kolonel Mar Y. Rudy Sulistyanto bertindak sebagai komandan upacara pada hari ini (5/10). 157 unit pesawat udara yang berasal dari tiga matra juga akan diturunkan dalam upacara parade dan defile ini.

Baca Juga: Deretan Bantuan Kemanusiaan Ini Berhasil Dikirim Pesawat Hercules TNI

Topik:

Berita Terkini Lainnya