Saudi Buka Kuota Haji 1 Juta Jemaah, Menag: Upayakan RI Dapat Tambahan

Indonesia segera lakukan persiapan haji dengan maksimal

Jakarta, IDN Times - Kabar gembira untuk calon haji yang dibuka kuota 1 juta orang, disambut baik pemerintah Indonesia. Kementerian Agama akan mempersiapkan sebaik mungkin pelayanan ibadah haji 1443 Hijriah.

"Syukur alhamdulillah, jemaah haji Indonesia bisa berangkat tahun ini. Ini kabar yang sangat ditunggu jemaah haji di Tanah Air," kata Menteri Agama, Yaqut Cholil Quomas, mengutip keterangan tertulis Kementerian Agama, Sabtu (9/4/2022).

Baca Juga: Arab Saudi Tambah Kuota Haji Jadi 1 Juta, Catat Syarat Khususnya!

1. Optimalkan kuota yang akan diberikan kepada Indonesia

Saudi Buka Kuota Haji 1 Juta Jemaah, Menag: Upayakan RI Dapat TambahanMenteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (ANTARA FOTO)

Yaqut menegaskan, berapa pun kuota yang akan diberikan untuk calon haji Indonesia, pemerintah siap menyelenggarakan haji. Dia mengatakan, persiapan dan berbagai skenario pemberangkatan sudah dilakukan selama ini.

"Kita akan optimalkan berapapun kuota nanti yang diberikan untuk Indonesia. Bahkan, kalau bisa kita akan upayakan agar Indonesia bisa mendapat tambahan, misalnya dari kuota negara lain yang tidak terserap," kata Menag.

2. Kemenag segera pastikan kuota yang didapat Indonesia

Saudi Buka Kuota Haji 1 Juta Jemaah, Menag: Upayakan RI Dapat TambahanSuasana Jamaah Haji di depan Ka'bah, Masjidil Haram, Makkah (IDN Times/Umi Kalsum)

Sementara, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Hilman Latief, menyadari waktu yang tersedia tidak banyak untuk penyelenggaraan haji. Namun, pihaknya akan bekerja cepat untuk merampungkan persiapan.

Kemenag juga akan segera meminta kepastian soal kuota yang akan diterima calon haji Indonesia.

"Kepastian adanya kuota ini akan segara kami tindaklanjuti dengan finalisasi sejumlah langkah taktis yang telah dilakukan," ujar Hilman.

Baca Juga: Kabar Baik! Arab Saudi Tambah Kuota Haji Jadi 1 Juta Jemaah pada 2022

3. Ketentuan yang diberikan untuk penyelenggaraan haji tahun ini

Saudi Buka Kuota Haji 1 Juta Jemaah, Menag: Upayakan RI Dapat TambahanSuasana Masjid Nabawi, Madinah yang dipenuhi oleh Jamaah di tengah musim haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Melansir keterangan tertulis Kemenag, Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi dalam surat pengumumannya menyampaikan beberapa syarat yang dilakukan dalam haji tahun ini.

Haji tahun ini dipastikan terbuka untuk mereka yang berusia di bawah 65 tahun, dan telah menerima vaksinasi COVID-19 yang disetujui Kementerian Kesehatan Saudi.

Syarat lain yang ditetapkan adalah jemaah yang berasal dari luar Kerajaan Saudi wajib menyerahkan hasil tes PCR negatif COVID-19, yang dilakukan dalam waktu 72 jam sebelum keberangkatan ke Arab Saudi.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya