Comscore Tracker

Sore-Sore Berkah: Ngabuburit Boleh Sama Pacar? 

Jangan sampai ngabuburit bikin berkah puasa berkurang ya

Jakarta, IDN Times - Ngabuburit menjadi aktivitas di bulan Ramadan yang kerap dilakukan oleh anak muda. Beberapa melakukannya bersama teman-teman, sebagian lain melakukannya dengan pasangan atau pacar.

Ternyata, ada hukumnya loh ngabuburit bersama pacar. Pada tayangan Sore-Sore Berkah hari ini (14/5) Ustaz Syam El Marusy akan menjelaskan tentang hal tersebut.

Ngabuburit sambil pacaran ternyata menurut Ustaz Syam akan menghilangkan pahala loh. "Justru akan menghilangkan daripada pahala puasa tersebut, nggak puasa aja haram pacaran bro apalagi kalau lagi puasa gitu lho," katanya.

Ustaz Syam juga menjelaskan, Walaa taqrabuuzzinaa innahu kaana faahisyatan wasaa-a sabiilaa. "Pacaran itu disebut dengan kalimat faahisya atau yang namanya faahisya itu merusak diri sendiri," kata Ustaz Syam.

Salah satu yang dirusak, utamanya bukan puasa, melainkan keberkahan puasa itu sendiri. Malah menghabiskan pahala puasa loh.

"Pokoknya gini deh, jodoh itu di tangan Allah SWT, lo jagain sampai kapan pun kalau Allah nggak mengatakan itu jodoh lo nggak bakalan bisa bersama," kata Ustaz Syam.

Ustaz Syam mengingatkan agar tidak lupa selama bulan Ramadan untuk mendekatkan diti kepada Allah SWT.

"Makanya banyak dzikir ketika menjelang waktu buka puasa," kata Ustaz Syam. Ada hal-hal yang menurut Ustaz Syam lebih positif dilakukan sembari ngabuburit menunggu jam berbuka.

"Banyak, baca quran bisa, nontonin Sore Sore Berkah bisa ya kan nambahin ilmu pengetahuan, nambahin berkah kita di bulan puasa. Kita sharing-sharing tentang agama, kemudian di sebelumnya kita berdzikir kepada Allah," kata Ustaz Syam.

Ustaz Syam mengatakan, boleh saja memilih nongkrong bersama teman-teman, asal jangan lupa salat. Ia juga menyebut fenomena buka bersama alias bukber ternyata banyak yang kelewatan loh.

"Kalau misalnya ada acara bukber, acara ngumpul, acara ngabuburit bersama jangan sampai kewajibannya ditinggalkan, rugilah orang yang berpuasa tapi tidak salat berjamaah, rugilah orang yang berpuasa tapi tidak salat tarawih, rugilah orang yang berpuasa tapi tidak memperbanyak bacaan Alquran," kata Ustaz Syam.

Ustaz Syam mengingatkan untuk memperbanyak keikhlasan kita, taat, niat, tulus karena Allah SWT. Sehingga pahala puasa kita diterima Allah.

Jangan lupa, Allah sendiri yang akan membalas pahala puasa kita loh. Semoga semangat terus menjalankan puasanya ya. Semoga penuh berkah.

Baca Juga: Sore-Sore Berkah: Ada Orang yang Merugi di Bulan Suci Ramadan 

https://www.youtube.com/embed/f4UYyrfnlAk

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Elfida

Just For You