Comscore Tracker

UTBK-SBMPTN Gelombang I Mulai Hari Ini, Catat 3 Info Penting

Good luck, peserta UTBK-SBMTPN gelombang I 2021!

Jakarta, IDN Times - Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021 gelombang pertama, untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dimulai Senin (12/4/2021).

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memberikan sejumlah informasi penting mengenai apa saja yang harus dilakukan peserta UTBK-SBMPTN.

UTBK gelombang I akan diadakan pada 12 - 18 April 2021. Sedangkan, gelombang kedua akan berlangsung 26 April - 2 Mei 2021.

Berikut beberapa catatan penting yang disampaikan LTMPT kepada calon peserta UTBK-SBMPTN:

Baca Juga: Pendaftaran Peserta UTBK-SBMPTN Dibuka Mulai Hari Ini

1. Dokumen yang wajib dibawa

UTBK-SBMPTN Gelombang I Mulai Hari Ini, Catat 3 Info PentingIlustasi pelaksanaan UTBK di salah satu Perguruan Tinggi Indonesia (Dokumen)

Dari akun Instagram LTMPT, @ltmptofficial, ada beberapa dokumen yang disyaratkan yang wajib dibawa peserta UTBK gelombang I 2021.

Selain Kartu Tanda Peserta UTBK-SBMPTN 2021, peserta lulusan 2019 dan 2020 juga wajib membawa Fotocopy Ijazah yang telah dilegalisir.

Seluruh peserta juga wajib membawa surat keterangan kelas 12 yang sudah ditandatangani kepala sekolah yang berisikan nama siswa, NISN siswa, NPSN sekolah dan pasfoto berwarna terbaru dari siswa, bagi angkatan 2021.

Dokumen terakhir yang wajib dibawa adalah identitas diri seperti KTP/SIM/Kartu pelajar.

2. Perhatikan protokol kesehatan

UTBK-SBMPTN Gelombang I Mulai Hari Ini, Catat 3 Info PentingWarga beraktivitas menggunakan masker di kawasan Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (2/3/2020) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/ama)

Berlangsung pada masa pandemik COVID-19, pelaksanaan UTBK-SBMPTN gelombang I memberlakukan protokol kesehatan yang ketat. Siswa yang kedapatan sedang demam tidak akan diperkenankan mengikuti UTBK gelombang I.

"Apabila suhu peserta melebihi ketentuan dari protokol kesehatan (> 37,5 derajat celcius) maka tidak diperkenankan mengikuti ujian dan dipersilakan untuk menuju ruangan khusus untuk diperiksa lebih lanjut oleh tim medis," tulis LTMPT di Instagramnya.

Protokol 3M juga wajib dilakukan peserta ketika tiba di lokasi UTBK. Peserta wajib pakai masker dan dianjurkan menggunakan face shield dan sarung tangan jika diinginkan. Selain itu antar peserta juga diwajibkan menjaga jarak minimal 1 meter.

3. Materi yang akan diujikan dalam UTBK

UTBK-SBMPTN Gelombang I Mulai Hari Ini, Catat 3 Info PentingIlustrasi UTBK. IDN Times/Istimewa

LTMPT menjelaskan, dalam UTBK-SBMPTN 2021, materi yang akan diujikan terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Potensi Akademik (TPA).

Bagi peserta yang telah memilih prodi Saintek, maka TPS dan TPA yang akan diikuti adalah TPS dan TPA Sainten. Begitu pula dengan peserta yang memilih prodi Soshum, maka akan mengikuti TPS dan TPA Soshum.

Bagi peserta yang memilih prodi Campuran (Saintek dan Soshum) maka hanya akan mengikuti TPS Saintek dan mengikuti TKA Saintek dan TKA Soshum.

Baca Juga: Gagal SNMPTN? Lakukan 5 Persiapan UTBK-SBMPTN Ini agar Lolos

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya