4 Menteri, Artis dan Politikus Ini Diprediksi Gagal jadi Anggota DPR

Populer tidak menjamin para pesohor ini lolos ke Senayan

Jakarta, IDN Times - Pemilu 2019 dimeriahkan oleh kehadiran sejumlah nama yang sudah tidak asing terdengar di telinga masyarakat Indonesia. Para pesohor ini berasal dari beragam latar belakang. Logikanya, dengan nama besar yang dimiliki serta seringnya wara-wiri di layar kaca bisa menjadi jaminan bagi mereka untuk terpilih menjadi anggota dewan.

Tapi, kenyataannya banyak nama-nama besar yang ikut kontestasi Pemilu 2019 diprediksi gagal menuju Senayan. Popularitas ternyata tidak menjamin para pesohor  meraih banyak dukungan dari masyarakat. Siapa saja mereka?

Baca Juga: Cerita Caleg Muda PKPI Cakra Yudi Hilangkan Budaya Politik Uang

1. Maruarar Sirait dan Budiman Sudjatmiko

4 Menteri, Artis dan Politikus Ini Diprediksi Gagal jadi Anggota DPRANTARA FOTO

Salah satu calon anggota legislatif dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang merupakan influencer Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf-AMin, Maruarar Sirait, terancam gagal melenggang ke Senayan.

penyebabnya diduga karena Maruarar berada di "dapil neraka" atau berhadapan dengan sejumlah caleg lain yang juga punya nama tenar dan pengaruh.

Politikus PDIP lainnya yang belakangan ramai diperbincangkan kemungkinan tidak lolos masuk parlemen yakni Budiman Sudjatmiko. Mantan aktivis yang sudah dua periode menjadi anggota DPR ini terancam gagal ke Senayan lewat Dapil Jawa Timur VII.

"Memang belum final, tapi bisa kemungkinan saya gak lolos, meskipun kita masih menunggu dokumen C1. Dari seluruh TPS kita kumpulin, belum selesai memang," kata Budiman.

2. Giring Nidji, Angle Lelga, dan Charly Van Houten

4 Menteri, Artis dan Politikus Ini Diprediksi Gagal jadi Anggota DPRIDN Times/Debbie Sutrisno

Beberapa selebritas yang mencoba peruntungan untuk duduk di DPR RI harus ikhlas menerima kekalahannya. Giring “Nidji” Ganesha yang mencoba peruntungan di Dapil Jawa Barat I harus menelan kegagalan akibat partainya, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), tidak lolos ambang batas parlemen (parliament threshold) yakni 4 persen.

Selain Giring, pembawa acara yang sering muncul di layar kaca Indonesia, Choky Sitohang, juga diprediksi gagal duduk di parlemen.

Selain dua nama tersebut, nama lainnya yakni Sultan Djorghi dari Dapil Jawa Barat VIII, Charly Van Houten dari Dapil Jawa Barat IX, dan Angel Lelga dari Dapil Jawa Barat VII, diprediksi tidak mendapat kursi di DPR.

3. Faldo Maldini dan Tsamara Amany

4 Menteri, Artis dan Politikus Ini Diprediksi Gagal jadi Anggota DPRIDN Times/Panji Galih Aksoro

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Faldo Maldini merupakan salah satu millennial yang mencoba peruntungan di Pemilu 2019. Faldo yang merupakan mantan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI), mencalonkan diri di Dapil Jawa Barat V.

Walaupun Faldo kerap muncul di media nasional selama gelaran Pemilu 2019, tapi tidak menjamin namanya menjadi salah satu yang akan duduk di DPR RI.

Selain Faldo, Tsamara Amany merupakan salah satu caleg yang gagal maju ke Senayan. Kegagalan Tsamara bukan karena perolehan suara, melainkan karena partainya, PSI, gagal melewati ambang batas parlemen. Secara perolehan suara, Tsamara seharusnya bisa lolos ke Senayan. 

4. Empat menteri Jokowi kemungkinan gagal ke DPR

4 Menteri, Artis dan Politikus Ini Diprediksi Gagal jadi Anggota DPRIDN Times/ Amelinda Zaneta

Selain artis-artis yang memanfaatkan popularitasnya untuk duduk di parlemen, empat menteri Kabinet Kerja Presiden Jokowi juga mengadu peruntungan untuk duduk di Senayan.

Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, dan Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal Eko Putro Sandjojo yang berasal dari Partai Kebangkita Bangsa (PKB), ikut Pemilu 2019. Tapi, diprediksi mereka gagal melenggang ke Senayan karena tak mendapat dukungan banyak suara masyarakat.

Wakil Sekjen PKB Ahmad Iman membenarkan hal tersebut. “Berdasarkan hitungan dari KPU mereka tidak lolos. Tapi itu sementara dan masih ada peluang,” ujarnya.

Selain ketiga nama tersebut, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang diusung Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga kemungkinan gagal melaju ke Senayan dilihat dari hasil perolehan suara sementara.

5. Bertanding di dapil "neraka" Ferdinand Hutahaean harus akui kekalahan

4 Menteri, Artis dan Politikus Ini Diprediksi Gagal jadi Anggota DPRIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Caleg Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean juga diprediksi gagal duduk di DPR. Ferdinand yang maju dari Dapil Jawa Barat V meliputi Kabupaten Bogor, harus mengakui kalah bersaing dengan sejumlah nama incumbent yang lebih populer seperti Fadli Zon dan Adian Napitupulu.

“Memang persaingan di Dapil Jabar V ini cukup ketat, tokoh-tokoh incumbent nama-nama populer kemudian pendatang-pendatang baru yang populer,” ucap Ferdinand seperti dilansir dari tayangan YouTube program Kabar Petang TVOne, Jumat (10/5).

Baca Juga: 10 Artis Ini Berpeluang Jadi Anggota DPR karena Raih Banyak Suara

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya