Jadi Sumber Ekonomi, Ridwan Kamil Dorong Industri Film di Jabar

Industri film dijadikan juga diplomasi budaya tingkat tinggi

Bandung, IDN Times – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendorong industri film semakin maju sehingga menjadi sumber ekonomi dan dijadikan diplomasi budaya tingkat tinggi. 

Hal itu dikatakan Ridwan Kamil (RK) seusai menghadiri Festival Film Pendek Piala Gubernur Jawa Barat di Gedung TVRI Jabar, Kota Bandung, Kamis (30/3/2023). 

1. Sosok kepala daerah yang mencintai dunia industri film

Jadi Sumber Ekonomi, Ridwan Kamil Dorong Industri Film di JabarGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Dok. Pemprov Jabar)

Ridwan Kamil berharap perfilman Tanah Air bisa menyusul Korea Selatan yang menggunakan film sebagai sumber ekonomi dan juga diplomasi budaya lebih tinggi.

Sebagaimana diketahui, Ridwan Kamil merupakan sosok kepala daerah yang mencintai dunia industri film. Maka dari itu, ia memperjuangkan ekonomi kreatif (ekraf) di bidang industri film maju dan berkembang.

Baca Juga: Genap 36 Tahun, Ini 5 Prestasi Hebat Reza Rahadian di Industri Film

2. Gandeng Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI)

Jadi Sumber Ekonomi, Ridwan Kamil Dorong Industri Film di JabarPersatuan Artis Film Indonesia (PARFI). (Instagram/@parfi56)

Hal itu pun dibuktikan dengan menggandeng Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) untuk menggelar kegiatan Festival Film Pendek Piala Gubernur Jawa Barat. 

"Saya sangat senang sebagai pencinta film, juga suka main film ingin mendorong ekraf maju di Jawa Barat. Makanya, bikin Festival Film Pendek Piala Gubernur Jawa Barat yang dikelola oleh PARFI," ujarnya. 

3.Dapat menghadirkan hasil karya film yang inovatif dan keren

Jadi Sumber Ekonomi, Ridwan Kamil Dorong Industri Film di JabarPixabay.com/Mediamodifier

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil menilai penyelenggaraan kegiatan tersebut dapat menghadirkan hasil karya film yang inovatif dan keren.  

"Luar biasa, hasilnya bagus-bagus, terharu, dan ternyata kreativitas zaman sekarang luar biasa. Tahun depan, insya Allah lebih maju dan keren, ini pertama kali dan saya dukung. Terima kasih TVRI menjadi tuan rumah kegiatan ini," tutupnya. (WEB)

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya