Kolaborasi Injourney-Telkom Kembangkan Tourism Collaborative Platform

Akselerasi digitalisasi ekosistem pariwisata

Jakarta, IDN Times - PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau Injourney bersama  PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom berupaya untuk terus membangkitkan sektor  pariwisata Indonesia. Salah satunya melalui akselerasi digitalisasi ekosistem pariwisata yang sejalan dengan program pemerintah dalam mempercepat transformasi digital nasional. 

Upaya tersebut ditunjukkan melalui penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara Injourney dan Telkom untuk mengembangkan tourism collaborative platform

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan Direktur SDM dan Digital Injourney, Herdy Harman, dan Plt Direktur Enterprise & Business Service Telkom, FM Venusiana R, di Kantor Injourney, yang terletak di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, pada Rabu (13/9/2022).  

Nota kesepahaman antara Injourney dan Telkom ini mencakup kerja sama terkait layanan  pengembangan tourism collaborative platform untuk memenuhi kebutuhan teknologi dan layanan telekomunikasi dengan fitur yang dapat memfasilitasi perjalanan wisatawan secara realtime.  

1. Langkah besar kebangkitan sektor aviasi dan pariwisata

Kolaborasi Injourney-Telkom Kembangkan Tourism Collaborative PlatformPT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau Injourney bersama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom berupaya untuk terus membangkitkan sektor pariwisata Indonesia. (Dok. Injourney)

Plt Direktur Enterprise & Business Service Telkom, FM Venusiana R, mengungkapkan kolaborasi ini dilakukan dalam rangka mendukung aktivitas pelaku industri pariwisata dan traveller secara end to end, sehingga para pengusaha wisata dan wisatawan dapat merasakan kemudahan experience berwisata melalui suatu platform yang terintegrasi. 

“Pengembangan platform ini juga disiapkan untuk mendukung kesuksesan acara Presidensi KTT G20 yang akan diselenggarakan bulan November mendatang,” tambahnya.   

Di kesempatan yang sama, Direktur SDM dan Digital Injourney, Herdy Harman, mengatakan bahwa  sinergi ini merupakan penggabungan kapabilitas bisnis dari Injourney dan Telkom. 

“Injourney sebagai Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung merupakan ekosistem pariwisata yang saling terhubung dari hulu ke hilir secara holistik, kolaboratif, dan inklusif meliputi layanan bandar udara dan kargo, destinasi  pariwisata, hotel, hingga manajemen ritel serta industri kreatif. Injourney memiliki komitmen besar untuk menciptakan pengembangan super platform perjalanan dan pariwisata. Untuk itu, kolaborasi dengan Telkom yang memiliki kapabilitas di bidang jasa layanan teknologi komunikasi dan jaringan telekomunikasi terluas di Indonesia diharapkan mampu menjadi langkah besar kebangkitan sektor aviasi dan pariwisata,” terang Herdy.  

Baca Juga: Dorong Pariwisata, STB Memperkuat Kerjasama dengan Agen Perjalanan 

2. Suguhkan informasi destinasi wisata secara lengkap

Kolaborasi Injourney-Telkom Kembangkan Tourism Collaborative Platformilustrasi seorang wisatawan (Pexels.com/Porapak Apichodilok)

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata Injourney, Maya Watono, yang juga hadir dalam kesempatan ini menjelaskan bahwa nantinya platform ini terbuka bagi setiap pelaku usaha dan komunitas di ekosistem pariwisata. 

“Platform ini juga tidak hanya memfasilitasi wisatawan saja, tapi juga para pengelola bisnis pariwisata, mulai dari pengelola objek wisata, kuliner, akomodasi, event, paket tour, tour guide, dan lain-lain. Melalui platform ini, digitalisasi bisnis pariwisata akan dilakukan untuk para pengelola bisnis pariwisata yang masih beroperasi secara manual dan belum terhubung secara online,” tambah Maya.  

Platform hasil sinergi Injourney dan Telkom ini akan menyuguhkan sebuah tourism collaboration platform yang menyuguhkan berbagai informasi destinasi wisata secara lengkap dan beragam,  khususnya di kawasan 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas, seperti Candi Borobudur, Likupang, Labuan Bajo, Danau Toba, dan Mandalika. 

3. Platform hasil kolaborasi Injourney dan Telkom akan memfasilitasi 4 experience pariwisata

Kolaborasi Injourney-Telkom Kembangkan Tourism Collaborative PlatformDirektur SDM dan Digital Injourney, Herdy Harman, dan Plt Direktur Enterprise & Business Service Telkom, FM Venusiana R, melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara Injourney dan Telkom untuk mengembangkan tourism collaborative platform di Kantor Injourney, yang terletak di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Rabu (13/9/2022). (Dok. Injourney)

Platform ini juga akan memfasilitasi 4 experience pariwisata, yakni Pre-Journey, Booking, On-Journey, dan Post Journey. Pada Pre-Journey, wisatawan sebagai user dapat membuat rencana perjalanan melalui Tourism Hub, yaitu promosi digital berbasis big data dengan user dapat mencari info mengenai wisata yang diinginkan berdasarkan destinasi, pembuatan itinerary perjalanan sendiri, serta virtual tour

Lalu, di fase Booking, wisatawan dapat melakukan booking terhadap objek wisata, akomodasi, transportasi, dan sebagainya yang diinginkan. Setelahnya, saat wisatawan sedang melakukan perjalanan wisata di fase On-Journey, wisatawan dapat mencari rekomendasi seperti tempat berbelanja, wisata kuliner, atraksi atau wisata-wisata hidden gem lainnya yang ada di daerah wisata sekitar. 

Terakhir pada Post-Journey, user dapat melakukan rating dan review terhadap pengalaman berwisatanya. Harapannya, tourism collaborative platform ini dapat meningkatkan experience berwisata baik bagi para wisatawan maupun para pengelola bisnis pariwisata. 

Selain itu, dengan adanya platform ini dapat meningkatkan nilai devisa pariwisata, kontribusi Produk Domestik Bruto (PDB) Pariwisata di Indonesia, serta meningkatkan nilai ekspor produk ekonomi kreatif. (WEB)

Baca Juga: InJourney Optimis Ekosistem Aviasi dan Pariwisata Pulih Lebih Cepat

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya