Respons Kecelakaan di Mal Margo City, Kemnaker Turunkan Tim Pengawas

Pengamatan kondisi lapangan juga dilakukan

Jakarta, IDN Times - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) merespons cepat kejadian kecelakaan di tempat kerja di Mal Margo City, Depok, dengan menurunkan Tim Pengawas Ketenagakerjaan Spesialis Bidang K3 untuk melakukan investigasi kecelakaan tersebut. 

“Respons cepat ini adalah salah satu implementasi Reformasi Pengawasan Ketenagakerjaan. Reformasi Pengawasan Ketenagakerjaan adalah bagian dari 9 Lompatan Kemnaker yang dicanangkan Menaker Ida Fauziyah,” ujar Dirjen Binwasnaker dan K3 Kemnaker, Haiyani Rumondang, melalui Siaran Pers Biro Humas Kemnaker, Senin (23/8/2021).

1. Pengawas Ketenagakerjaan dituntut mampu melakukan respons cepat

Respons Kecelakaan di Mal Margo City, Kemnaker Turunkan Tim PengawasIlustrasi masyarakat berbelanja di mal. IDN Times/Besse Fadhilah

Dirjen Haiyani menjabarkan bahwa Pengawas Ketenagakerjaan dituntut untuk mampu melakukan respons cepat melalui berbagai sistem dan keterlibatan seluruh stakeholders. Salah satu wujudnya adalah respons cepat dari media sosial.

"Respons ini menindaklanjuti informasi media tentang adanya kecelakaan di Mal Margo City, Depok, tanggal 21 Agustus sore," tambahnya. 

Sementara itu, Direktur Bina Pemeriksaan Norma Ketenagakerjaan, Yuli Adiratna, mengatakan tim yang terdiri atas Pengawas Ketenagakerjaan Kemnaker bersama Tim Pengawas Ketenagakerjaan UPTD I Provinsi Jawa Barat dan Kepolisian Resor Depok. Tim tersebut langsung ke tempat kejadian perkara di Margo City Mal, 22 Agustus 2021. 

"Dalam pemeriksaan dilakukan pengamatan kondisi lapangan dan meminta keterangan serta pemeriksaan dokumen kepada pihak manajemen Mal Margo City," kata Yuli.

Baca Juga: Puslabfor Polri Akan Periksa Potongan Pipa Gas Mal Margo City Depok

2. Sebagian besar korban di Mal Margo City merupakan pekerja

Respons Kecelakaan di Mal Margo City, Kemnaker Turunkan Tim PengawasPusat perbelanjaan Margo City di Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Akibat kecelakaan tersebut, jelas Yuli, satu orang meninggal dunia diduga pekerja di J’CO dan beberapa orang terluka kurang lebih 10 orang. Sebagian besar korban merupakan pekerja dari tenant dan security di Mal Margo City. 

"Sampai saat ini, yang mengalami luka dirawat di rumah sakit, ada yang sudah diperbolehkan pulang dan masih ada yang dirawat," tutur Yuli.

3. Investigasi lanjutan akan dilakukan

Respons Kecelakaan di Mal Margo City, Kemnaker Turunkan Tim PengawasMobil yang diparkir kejatuhan puing dari kecelakaan di Mal Margo City, Sabtu (21/08/2021)

Yuli Adiratna menegaskan bahwa Tim Pengawas Ketenagakerjaan hadir untuk membantu mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya kecelakaan dan memberikan saran perbaikan agar kasus serupa tidak terjadi lagi di kemudian hari.

Tim juga memastikan agar korban dipastikan mendapatkan hak jaminan sosial dan hak-haknya lainnya sesuai ketentuan peraturan peraturan perundangan ketenagakerjaan. 

"Pemerintah akan lebih memberikan perhatian khusus terhadap tempat umum seperti mal agar lebih meningkatkan penerapan keselamatan dan kesehatan kerja untuk memastikan kejadian serupa tidak terulang," kata Yuli. 

Selain itu, Tim akan melakukan investigasi lanjutan untuk pendalaman penyebab kecelakaan dan juga menemukan pihak yang bertanggung jawab atas kejadian kecelakaan tersebut. 

"Tim Pengawas Ketenagakerjaan akan terus berkoordinasi dengan pemangku kepentingan terkait," pungkasnya. (WEB)

Baca Juga: Polisi Periksa 12 Saksi Insiden Lift Jatuh di Mal Margo City Depok

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya