Pemkab Garut Beri Penghargaan kepada Putri Otonomi Daerah  

Beri kesempatan bagi generasi muda

Jakarta, IDN Times – Dalam pelaksanaan Upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Tingkat Kabupaten Garut Tahun 2023, Bupati Garut Rudy Gunawan menyerahkan piagam penghargaan kepada Putri Otonomi Daerah Kabupaten Garut di Lapangan Sekretariat Daerah (Setda) Garut, Kabupaten Garut, Senin (22/5/2023). 

Rudy Gunawan mengungkapkan, hadiah yang akan diberikan kepada pemenang Putri Otonomi Daerah Kabupaten Garut berasal dari CSR Bank BPR Garut. Hadiah juara pertama sebanyak Rp5 juta, juara kedua Rp3 juta, dan juara ketiga Rp1 juta.

Ia juga meminta kepada Direksi BPR Garut untuk langsung membayarkan uang tunai hadiah tersebut pada hari ini, serta memberi hadiah secara simbolis kepada para pemenang Putri Otonomi Daerah Kabupaten Garut.

1. Beri kesempatan bagi generasi muda untuk jadi pilar penggerak dan pengawal otonomi Indonesia

Pemkab Garut Beri Penghargaan kepada Putri Otonomi Daerah  Bupati Garut Rudy Gunawan saat menghadiri Upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Tingkat Kabupaten Garut Tahun 2023, Senin (22/5/2023). (Dok. Humas Pemprov Jabar)

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, Agus Ismail, menyampaikan bahwa tujuan dari pemilihan Putri Otonomi Daerah Kabupaten Garut ini adalah untuk memberikan kesempatan bagi generasi muda untuk menjadi pilar penggerak dan pengawal otonomi Indonesia. Selain itu, sebagai role model untuk putri-putri daerah dalam berkontribusi memajukan daerahnya.

"Berperan serta dan mempromosikan dan meningkatkan awareness daerah otonomi yang diwakilinya," tuturnya.

Agus menuturkan, kegiatan seleksi ini dilaksanakan selama 3 bulan dari Maret hingga Mei 2023, yang dilaksanakan melalui beberapa tahapan, yaitu seleksi administrasi, tes pengetahuan, dan perfomance bakat.

"Peserta yang terdiri dari perwakilan dari mojang Kabupaten Garut, perwakilan wanoja desa Kabupaten Garut, perwakilan dari perguruan tinggi," ucapnya.

Baca Juga: Sinergi Positif Pemprov Jabar dan Masyarakat Pangkas Pengangguran

2. Diharapkan semakin banyak generasi muda yang mau berkontribusi bagi pembangunan daerah

Pemkab Garut Beri Penghargaan kepada Putri Otonomi Daerah  Ilustrasi infrastruktur (IDN Times/Arief Rahmat)

Agus berharap, nantinya akan semakin banyak lagi potensi para generasi muda yang mau berkontribusi bagi pembangunan khususnya di Kabupaten Garut.

"Jadi kita akan menjadikan seluruh peserta yang telah menjadi mitra kita, itu akan menjadi agen-agen juga di daerah sebagai ambassador otonomi di daerah," ucapnya.

Di tempat yang sama, Juara 1 Putri Otonomi Daerah Kabupaten Garut, Gina Listya Nuraini (22), asal dari Kecamatan Peundeuy, mengaku sangat bersyukur dan tidak menyangka dirinya bisa terpilih menjadi Putri Otonomi Daerah Kabupaten Garut.

"Saya berterima kasih kepada Paguyuban Mojang Jajaka Kabupaten Garut yang telah mendukung saya, teman-teman juga yang telah mendoakan, keluarga, ibu, ayah, dan tidak lupa yang paling utama saya berterima kasih kepada Allah SWT. Semoga dengan penghargaan yang saya dapat bisa menjadi lebih baik untuk ke depannya," ucapnya.

3. Ingin memperkenalkan kepada seluruh Indonesia mengenai Kabupaten Garut

Pemkab Garut Beri Penghargaan kepada Putri Otonomi Daerah  Bupati Garut Rudy Gunawan menyerahkan piagam penghargaan kepada Putri Otonomi Daerah Kabupaten Garut di Lapangan Sekretariat Daerah (Setda) Garut, Kabupaten Garut, Senin (22/5/2023). (Dok. Humas Pemprov Jabar)

Gina menerangkan, saat ini dirinya sedang berkuliah di Presiden University yang berlokasi di Cikarang. Dalam pelaksanaan seleksi ini, imbuhnya, dirinya pulang pergi dari Cikarang ke Kabupaten Garut.

"Tujuannya saya ingin seperti yang tadi diucapkan oleh Bapak Bupati saat pembinaan, Garut sudah memiliki banyak prestasi tetapi masih memiliki banyak juga kekurangan, saya sebagai salah satu warga Garut juga ingin terus mencapai prestasi-prestasi lainnya," ucapnya.

Ia mengaku, dirinya memiliki target dalam seleksi Putri Otonomi Daerah, dan setelah lolos di tingkat daerah ini, dirinya ingin memperkenalkan kepada seluruh Indonesia mengenai Kabupaten Garut.

"Harapan untuk saya pribadi, ke depannya itu menjadi pemudi yang bisa menginspirasi diri saya sendiri dan orang lain, dan juga saya tidak ingin berpuas diri, misalkan saya sudah dapat ini, saya puas di sini enggak, tapi saya ingin lebih mencapai lebih lagi, lebih lagi," katanya. 

Turut menyerahkan penghargaan, Wakil Bupati Garut Helmi Budiman, Sekda Nurdin Yana dan unsur Forum Koordinadi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Garut. (WEB)

Baca Juga: Bantu Industri Kreatif, Kadin Jabar Sambut Baik Kehadiran Finnix

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya