Bagaimana Kualitas Hidupmu? Cek dengan Indeks Pembangunan Manusia Ini

Angka harapan hidup juga meningkat

Beberapa waktu yang lalu, Badan Pusat Statistik kembali merilis angka Indeks Pembangunan Manusia  (IPM) tahun 2016. Hasilnya, nilai IPM Indonesia tahun 2016 sebesar 70,18, angka tersebut meningkat sedikit jika dibandingkan tahun 2015 (69,55).

Peningkatan nilai IPM yang sedikit tersebut rupanya memberikan makna yang besar. Pasalnya nilai IPM antara 70 sampai dengan 80 masuk kategori tinggi, sedangkan sebelumnya Indonesia masuk kategori Negara dengan nilai IPM sedang. Secara tidak langsung, tinggi rendahnya indeks ini juga merupakan cerminan dari bagaimana kebijaksanaan ekonomi mampu mempengaruhi kualitas hidup.

Nilai IPM itu sendiri dihitung berdasarkan tiga variabel yaitu angka harapan hidup, rata-rata lama sekolah dan pengeluaran perkapita. Mari kita simak keadaan tiga variabel tersebut:

1. Angka harapan hidup.

Bagaimana Kualitas Hidupmu? Cek dengan Indeks Pembangunan Manusia Iniimcnews.id

Secara umum, manusia Indonesia memiliki harapan hidup sampai dengan umur 70,90 tahun. Meningkat tipis jika dibandingkan tahun lalu (70,78 tahun). Jika dilihat menurut provinsi, penduduk Provinsi Yogyakarta memiliki angka harapan hidup paling tinggi  yaitu 74,71 tahun dan penduduk Provinsi Sulawesi Barat memiliki angka harapan hidup paling rendah yaitu 64,31 tahun.

Terlepas dari umur yang sudah ditetapkan oleh Tuhan, namun secara akademisi Angka harapan hidup ini sangat erat kaitannya dengan fasilitas kesehatan yang tersedia. Terbukti dengan data angka harapan hidup provinsi-provinsi di Pulau Jawa cenderung lebih besar dibandingkan provinsi-provinsi luar Pulau Jawa.

2. Rata-rata lama sekolah dan harapan lama sekolah.

Bagaimana Kualitas Hidupmu? Cek dengan Indeks Pembangunan Manusia Inimommiesdaily.com

Rata-rata penduduk Indonesia bersekolah tahun 2016 adalah 7.95 tahun. Artinya mayoritas penduduk Indonesia hanya belajar sampai dengan kelas 2 SMP/sederajat. Keadaan ini sebetulnya menjadi pekerjaan rumah pemerintah mengingat angka harapan lama sekolah penduduk Indonesia adalah 12,72 tahun yang memiliki makna penduduk Indonesia berharap paling tidak meluluskan pendidikan jenjang SMA/Sederajat. Semoga beberapa tahun kedepan nilai rata-rata lama sekolah dengan harapan lama sekolah mendekati sama.

Jika dilihat menurut Provinsi, rata-rata lama sekolah tertinggi berada di Provinsi DKI Jakarta (10,88 tahun) dan paling rendah  berada di Provinsi Papua (6,15 tahun). Kondisi ini sebetulnya cukup miris, mengingat pemerintah menggratiskan biaya pendidikan sampai jenjang SMA/sederajat.

3. Pengeluaran setiap orang dalam satu tahun.

Bagaimana Kualitas Hidupmu? Cek dengan Indeks Pembangunan Manusia IniSwaraguna.com

Pada tahun 2016, pengeluaran setiap penduduk dalam satu tahun sebesar 10,42 juta rupiah. Nilai tersebut lebih besar 270 ribu rupiah jika dibandingkan tahun 2015. Pengeluaran setiap penduduk paling besar berada di Provinsi Kepulauan Riau (13,36 juta/tahun) dan paling rendah berada di Provinsi Papua (6,64 juta).

Dari ketiga variabel tersebut menggambarkan bahwa meskipun IPM Indonesia sudah naik level menjadi kategori tinggi, namun pendidikan manusia Indonesia masih sangat perlu ditingkatkan.

MMaS Aji Photo Writer MMaS Aji

Pemerhati Sosial, Ekonomi dan Olahraga

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya