Comscore Tracker

Agung Laksono Ungkap Golkar-PKS Sering Bertemu Bahas Pemilu 2024

Pertemuan terkait rencana PKS gabung KIB

Jakarta, IDN Times - Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Agung Laksono, mengungkapkan Partai Golkar dan PKS sudah sering melakukan pertemuan tertutup terkait Pemilu 2024.

Agung menyampaikan hal itu saat ditemui wartawan usai penutupan acara Solidarity Sport Festival di Jakarta, Minggu (25/9/2022).

“Mereka (PKS-Golkar) sering ketemu. Hanya soal apa kesepakatannya, tanyakan pada Ketum Golkar (Airlangga Hartarto),” kata dia.

Baca Juga: DPP Golkar Jabar Minta Kasus Viral Wakil Ketua DPRD Depok Dibawa ke MKD

1. Pertemuan dengan para ketua umum parpol sering dilakukan

Agung Laksono Ungkap Golkar-PKS Sering Bertemu Bahas Pemilu 2024Pimpinan DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tiba di kantor KPU, Senin, 1 Agustus 2022 untuk melakukan pendaftaran parpol calon peserta pemilu 2024. (IDN Times/Muhammad Ilman)

Dewan Pakar Partai Golkar ini juga menyebut para ketua umum partai politik sering melakukan pertemuan. Hanya saja, pertemuan tersebut tak diekspose ke media.

Agung enggan membeberkan lebih rinci terkait pertemuan antara PKS dan Golkar. Dia hanya menekankan pertemuan itu dilakukan terkait persiapan masing-masing partai politik menjelang Pemilu 2024.

“Kalau para ketum parpol kan sering ketemu, kadang tanpa diekspose,” ucapnya.

2. Pertemuan terkait gabung KIB

Agung Laksono Ungkap Golkar-PKS Sering Bertemu Bahas Pemilu 2024Koalisi Indonesia Bersatu setelah menandatangani nota kesepahaman di Jakarta Pusat, Sabtu (4/6/2022). (IDNTimes/Melani Putri)

Agung menyebut beberapa pertemuan PKS dengan Golkar memang membicarakan Pemilu 2024. Salah satu hal yang dibahas yakni rencana PKS bergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

“Termasuk memang dalam pembicaraannya, apakah ada koalisi kami, mau gabung KIB, atau bagaimana. Tanyakan langsung ke ketum (Airlangga),” ujarnya.

Baca Juga: PDIP Persilakan PKS-NasDem-Demokrat jika Mau Usung Anies Jadi Capres

3. PKS beri sinyal bakal gabung KIB

Agung Laksono Ungkap Golkar-PKS Sering Bertemu Bahas Pemilu 2024Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Sinyal-sinyal PKS bakal bergabung dengan KIB telah disampaikan politikus partai berlambang padi dan bulan sabit itu. Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyebut, pendekatan itu dilakukan melalui pertemuan dengan Golkar.

“Sebetulnya kami ke Golkarnya ya, apakah nanti dengan KIB-nya, ya mungkin dari situ pintu masuknya," ujar Mardani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 21 September 2022.

Mardani mengakui pendekatan dengan sejumlah partai politik ini dilakukan, untuk membuka skenario-skenario lain terkait pelaksanaan Pilpres 2024.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya