AHY Vs Aher, Elektabilitas Siapa Paling Mentereng Jadi Cawapres Anies?

Elektabilitas parpol, PDIP-Golkar masih unggul dari Demokrat

Jakarta, IDN Times — Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Ahmad Heryawan (Aher), dikabarkan bakal bertemu dalam waktu dekat. Pertemuan dua sosok ini menjadi perbincangan lantaran keduanya diusulkan oleh masing-masing partai sebagai cawapres pendamping Anies Baswedan di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Baik AHY maupun Aher sama-sama memiliki keunggulan. AHY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat menjadi sosok yang cukup mentereng  di masyarakat. Sementara Aher, memiliki pengalaman memimpin Jawa Barat 2 periode.

Bagaimana dua tokoh ini jika dilihat berdasarkan elektabilitasnya?

Baca Juga: Ditanya soal Cawapres Pilih AHY atau Aher, Ini Jawaban Anies

1. Nama Aher di posisi ke-8, kalah dengan AHY

AHY Vs Aher, Elektabilitas Siapa Paling Mentereng Jadi Cawapres Anies?Ahmad Heryawan. (IDN Times/Bagus F)

Sejumlah survei sempat memunculkan nama Aher sebagai tokoh potensial maju dalam Pilpres 2024.

Lembaga survei KedaiKOPI pada Januari 2022 lalu, menunjukkan Aher masuk dalam tokoh potensial maju Pilpres 2024. Survei dengan responden 1.201 orang ini menunjukkan Aher belum masuk lima besar tokoh potensial maju pilpres, dia hanya berhasil menempati urutan ke delapan.

Elektabilitas Aher dalam survei tersebut sebesar 1,3 persen. Dia kalah saing dengan Ganjar Pranowo di posisi pertama (25 persen), Prabowo Subianto (21,9 persen), Anies Baswedan (16,2 persen), Ridwan Kamil (7,7 persen), dan AHY (5,3 persen).

2. Aher masih di posisi ke-9, AHY ke-5

AHY Vs Aher, Elektabilitas Siapa Paling Mentereng Jadi Cawapres Anies?Agus Harimurti Yudhoyono berkunjung ke DPRD dan Balai Kota DKI Jakarta. (IDN Times/Aryodamar)

Nama Aher juga kemudian muncul dalam survei Indikator Political Opinion pada Maret 2021 lalu. Survei melibatkan 1.200 responden dengan margin of error 2,5 persen.

Dia menempati urutan ke-9 dengan elektabilitas 2,3 persen. Menurut survei itu, Aher bahkan kalah dari Presiden PKS Ahmad Syaikhu yang berada di posisi delapan dengan elektabilitas 3,8 persen.

Survei IPO ini menunjukkan Anies Baswedan berada di posisi pertama dengan elektabilitas 15,8 persen, lalu Ganjar Pranowo 12,6 persen, Sandiaga Uno 9,5 persen, Ridwan Kamil 7,9 persen, dan AHY 7,1 persen.

3. Survei terbaru, PDIP-Golkar unggul

AHY Vs Aher, Elektabilitas Siapa Paling Mentereng Jadi Cawapres Anies?Presiden Jokowi bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A.)

Sementara berdasarkan elektabilitas partai politik menurut survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, baik Demokrat dan PKS masih kalah unggul dari PDIP dan Golkar.

Peneliti LSI Denny JA, Ade Mulyana mengatakan, PDIP unggul dengan 20,9 persen dan Partai Golkar 14,5 persen. Kemudian menyusul di peringkat ke-3 Partai Gerindra 9,8 persen, kemudian PKS 8,3 persen, PKB 5,9 persen, dan Partai Demokrat 5,4 persen.

Survei ini dilakukan pada September 2022 dengan jumlah responden 1.200, margin of error 2,9 persen.

Baca Juga: Bertemu Aher, Anies Usulkan Gerakan Kolaborasi

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya