Airlangga Sebut Golkar Sudah Temui NasDem, Demokrat, dan PKS

Pertemuan dilakukan sebelum Airlangga bertemu Puan

Jakarta, IDN Times — Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengungkapkan, pihaknya sudah menjalin komunikasi dengan beberapa partai politik sebelum bertemu dengan Puan Maharani pada Sabtu, 8 Oktober 2022 lalu.

Airlangga mengatakan, Golkar sudah beberapa kali melakukan pertemuan dengan ketua umum partai politik seperti NasDem, Demokrat, termasuk PKS.

“Kami Partai Golkar sudah lebih dulu berkomunikasi dengan pimpinan partai termasuk Gerindra, Surya Paloh, AHY, tokoh parpol lain termasuk teman-teman di PKS,” kata Airlangga dalam diskusi XYZ Plus, Senin (10/10/2022).

Baca Juga: Survei: Massa Jokowi Pemilu 2019 Banyak Pilih Ganjar-Airlangga di 2024

1. Dorong persamaan persepsi dengan ketum parpol lain

Airlangga Sebut Golkar Sudah Temui NasDem, Demokrat, dan PKSKetua Umum Partai NasDem Surya Paloh (IDN Times / Irfan Fathurohman)

Airlangga mengatakan, dalam beberapa pertemuan dengan ketua umum partai politik, pihaknya selalu mendorong persamaan persepsi terutama menghadapi krisis global dan ancaman dari luar negeri.

Dia menyebut, setiap pertemuan membicarakan strategi untuk menyukseskan kepemimpinan Presiden Joko “Jokowi” Widodo.

“Jadi seluruhnya kita mendorong persamaan persepsi terutama bagi negara Indonesia menghadapi ketidakpastian, kita harus menyukseskan kepemimpinan Jokowi sampai 2024,” ujarnya.

2. KIB pastikan capres dari internal

Airlangga Sebut Golkar Sudah Temui NasDem, Demokrat, dan PKSKoalisi Indonesia Bersatu setelah menandatangani nota kesepahaman di Jakarta Pusat, Sabtu (4/6/2022). (IDNTimes/Melani Putri)

Menko Perekonomian ini juga menyebut, pihaknya dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memastikan capres yang akan didukung berasal dari internal. Namun, Airlangga tak menjelaskan siapa kader dari internal tiga partai di KIB itu yang akan dideklarasikan sebagai capres.

“KIB itu mempunyai calon tersendiri dan KIB sudah bersepakat bahwa calon itu adalah yang berkiprah di partai,” ujar Airlangga.

Baca Juga: Survei: Massa Jokowi Pemilu 2019 Banyak Pilih Ganjar-Airlangga di 2024

3. Respons survei LSI Denny JA

Airlangga Sebut Golkar Sudah Temui NasDem, Demokrat, dan PKSMenko Perekonomian Airlangga Hartarto (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Airlangga juga merespons survei LSI Denny JA, yang menyandingkannya dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024.

Airlangga mengatakan, sejauh ini Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menyorot kursi capres.

“Kita mendorong tujuan parpol arahnya harus ke sana (capres),” pungkasnya.

Baca Juga: Airlangga Sebut Kampanye Parpol Bisa Jadi Booster Ekonomi di 2024

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya