Comscore Tracker

Alasan Kuat PSI Ikut Umumkan Ganjar Tepat di Hari NasDem Usung Anies

PSI dukung Ganjar Pranowo maju capres

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie, mengungkap alasan mengapa pihaknya ikut mengumumkan deklarasi Ganjar Pranowo sebagai capres 2024, tepat di hari NasDem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres.

Grace mengatakan, hal itu merupakan kebetulan dan tidak disengaja.

“Kebetulan waktu yang tepat kita melihat karena memang pollingnya sudah dibuka cukup lama. Jadi waktu yang kebetulan sama lah kira-kira,” kata Grace saat konferensi pers, Senin (3/10/2022).

1. Kandidat capres tak hanya Anies Baswedan

Alasan Kuat PSI Ikut Umumkan Ganjar Tepat di Hari NasDem Usung AniesGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tiba di Tower NasDem jelang pengumuman capres, Senin (3/10/2022) (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Grace menilai pengumuman capres PSI merupakan momen baik untuk memperlihatkan bahwa kandidat capres tak hanya Anies Baswedan. Dia menekankan ada juga nama lain seperti Ganjar Pranowo.

“Jadi momen yang baik juga untuk masyarakat melihat bahwa tidak hanya Pak Anies yang memiliki dukungan partai, tapi Pak Ganjar juga memiliki dukungan partai,” ujarnya.

2. Grace Natalie klaim Ganjar tahu diusung jadi capres PSI

Alasan Kuat PSI Ikut Umumkan Ganjar Tepat di Hari NasDem Usung AniesPolitikus PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Grace menyebut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sudah mengetahui dirinya didukung oleh PSI untuk maju sebagai capres 2024.

Grace mengatakan, Ganjar mengetahui dirinya terpilih melalui mekanisme rembuk rakyat.

“Terkait dengan pengumuman dan sebagainya, ini hal teknis, mengingat Pak Ganjar bukan kader PSI. Oleh karena itu, kami tidak menginformasikan kepada beliau secara khusus, tapi komunikasi itu terus ada dari waktu ke waktu, dan beliau mengetahui adanya rembuk rakyat,” katanya.

Baca Juga: PSI soal Anies Diusung NasDem: Kami Tak Dukung Tokoh Pemecah Belah

3. Ganjar Pranowo disebut terbuka dengan keputusan PSI

Alasan Kuat PSI Ikut Umumkan Ganjar Tepat di Hari NasDem Usung AniesGubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wasesa)

Grace kemudian mengungkap respons Ganjar Pranowo setelah mengetahui hasil rembuk rakyat tersebut. Menurutnya, Ganjar bersifat terbuka dengan gerakan rakyat tersebut.

“Beliau terbuka saja begitu ya, ada gerakan-gerakan masyarakat yang apalagi kita ingin menjaring pendapat masyarakat kan,” ucap Grace.

Baca Juga: PSI Deklarasi Capres-Cawapres 2024: Ganjar Pranowo-Yenny Wahid

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya