Anies-Ganjar Dipastikan Dibahas dalam Rakernas Nasdem

DPW Nasdem sudah sampaikan beberapa nama tokoh

Jakarta, IDN Times — Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dipastikan bakal dibahas dalam rapat kerja nasional (Rakernas) Nasdem pada 15-17 Juni ini. Dua nama tersebut bakal dibahas untuk diputuskan siapa yang akan diusung Nasdem menjadi bakal calon Presiden (capres) pada Pemilu 2024.

Wakil Ketua Umum Nasdem, Ahmad Ali, mengatakan, beberapa Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Nasdem di tingkat daerah sudah mulai memberikan sinyal untuk mengusung dua nama tersebut. Namun, sejauh ini Nasdem masih terus membahas kemungkinan nama lain yang disetorkan oleh DPW.

“Kalau kita lihat aspirasi beberapa wilayah yang muncul di media, tidak jauh-jauh menyebut nama Anies, kemudian Ganjar. Dua nama itu yang muncul, tapi kami tidak boleh mendahului wilayah-wilayah,” kata Ahmad Ali di JCC, Jakarta pusat. Rabu (15/6/2022).

1. DPW Nasdem sudah menyampaikan nama tokoh

Anies-Ganjar Dipastikan Dibahas dalam Rakernas NasdemKetua Umum Partai Nasdem Surya Paloh saat ditemui wartawan di JCC, Jakarta Pusat, Rabu (15/6/2022). (IDNTimes/Melani Putri)

Ahmad Ali mengaku sudah mendapat kabar dari beberapa DPW yang mengusulkan nama-nama tokoh untuk diusung Nasdem pada 2024.

Kendati demikian, Ahmad Ali enggan menyebut siapa nama yang telah disetorkan dari DPW Nasdem di daerah. Dia hanya menjelaskan, para pimpinan tingkat DPW bakal memberikan usulan itu dalam rakernas dan baru akan diputuskan pada Jumat, (17/6/2022).

“Walaupun itu selentingan, wilayah sudah menyampaikan di beberapa media (usulan nama tokoh), kita akan lihat secara resminya seperti apa,” kata Ahmad Ali.

Baca Juga: Surya Paloh Jelang Rakernas NasDem: Jangan Terjebak Polarisasi

Baca Juga: NasDem soal Isu Reshuffle: Siap Kurang, Tetap atau Tambah Kursi

2. Penetapan capres dari Nasdem kewenangan Surya Paloh

Anies-Ganjar Dipastikan Dibahas dalam Rakernas NasdemKetua Umum Partai NasDem Surya Paloh (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Ahmad Ali menegaskan, keputusan untuk menetapkan pengusungan bakal capres 2024 berada sepenuhnya di tangan Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh.

Setiap kader di tingkat DPW, katanya, hanya mengusulkan tokoh yang dianggap cocok untuk maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Namun keputusan pengusungan hanya ditetapkan oleh Surya Paloh.

“Tapi suatu catatan yang harus diingat bahwa wilayah hanya sampai mengusulkan, penetapan siapa yang akan jadi calon Nasdem itu kewenangan ketua umum,” tuturnya.

3. Rakornas Nasdem bakal jaring 3 kandidat capres

Anies-Ganjar Dipastikan Dibahas dalam Rakernas NasdemIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Rakernas Nasdem yang dimulai hari ini disebut akan menjaring tiga kandidat capres terbaik.

Ketua Steering Committee (SC) Rakernas Prananda Surya Paloh mengatakan, dalam rakernas pekan ini, pihaknya bakal fokus menjaring kandidat-kandidat terbaik untuk masuk dalam daftar capres yang diusung pada Pemilu 2024. 

"Ada dua fokus utama yang menjadi perhatian Partai NasDem. Pertama, konsolidasi Partai NasDem dari tingkat pusat hingga ke tingkat ranting. Kami akan memperkokoh atau mengganti figur di struktur yang dianggap belum performed secara maksimal," ujar Prananda ketika menggelar jumpa pers di NasDem Tower, Senin (13/6/2022). 

Baca Juga: Nasdem Kantongi 3 Nama untuk Dipilih Jadi Capres 2024, Termasuk AHY?

Baca Juga: Siapa Capres NasDem di Pilpres 2024, Begini Analisis Pakar Politik

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya