BMKG Prediksi Seluruh Jakarta Diguyur Hujan hingga Malam Hari

Hujan di Jakarta hingga dini hari

Jakarta, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi seluruh wilayah DKI Jakarta bakal diguyur hujan dengan intensitas ringan-sedang hingga pukul 19.00 WIB, Minggu (9/10/2022).

Menurut keterangan BMKG, tiga kota administratif di Jakarta bakal diguyur hujan intensitas sedang yakni Jakarta Pusat; Jakarta Selatan; dan Jakarta Barat. Sementara tiga daerah lainnya di DKI Jakarta berpotensi mengalami hujan intensitas ringan.

1. Hujan di Jakarta pada malam hari

BMKG Prediksi Seluruh Jakarta Diguyur Hujan hingga Malam HariBanjir di Kemayoran (IDN Times/Restu Putri)

BMKG juga memprediksi, sebagian wilayah Jakarta masih diguyur hujan hingga dini hari pukul 01.00 WIB.

Daerah yang berpotensi mengalami hujan intensitas ringan hingga dini hari yakni Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Kepulauan Seribu. Tiga daerah lainnya diprediksi bakal berawan hingga dini hari.

Baca Juga: Cuaca Jabodetabek 9 Oktober 2022: Jakarta Hujan Ringan Siang Hari, Hujan Ringan Sore Hari

2. Waspada hujan disertai kilat dan angin kencang

BMKG Prediksi Seluruh Jakarta Diguyur Hujan hingga Malam HariIlustrasi musim hujan (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Ketua BMKG Dwikorita Karnawati meminta masyarakat waspada terhadap hujan yang berpotensi disertai angin kencang dan kilat atau petir di beberapa daerah.

“Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang dengan durasi singkat di sebagian wilayah Jakbar, Jaksel, dan Jakpus pada sore hingga menjelang malam,” kata Dwikorita, Minggu (9/10/2022).

Baca Juga: Curah Hujan Tinggi, Begini Strategi Anies Tangani Banjir Jakarta

3. Sejumlah wilayah Jakarta digenangi banjir

BMKG Prediksi Seluruh Jakarta Diguyur Hujan hingga Malam HariSuasana saat banjir di Jalan Jatinegara Barat, Kampung Pulo, Jakarta. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Sejumlah wilayah di Jakarta digenangi banjir imbas cuaca ekstrem pada 2-8 Oktober 2022. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan telah menyiapkan infrastruktur untuk menangani banjir karena curah hujan di DKI yang tergolong tinggi.

“Yang biasanya 150 milimeter per hari bisa 150 milimeter dua jam, karena itu bisa dibayangkan volume air yang tergenang yang kemudian memberikan banjir," kata Anies di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, Sabtu (8/10/2022).

Sebelumnya, Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI mengerahkan 455 pompa stasioner dan 457 pompa keliling untuk menyedot banjir yang melanda sejumlah lokasi di Jakarta pada beberapa hari lalu.

Adapun ketinggian air bervariasi mulai 40 sentimeter hingga 1,3 meter akibat curah hujan tinggi, dan beberapa sungai meluap di antaranya Kali Pesanggrahan, Kali Krukut, dan Kali Cipinang.

Selain alat pompa dari Dinas SDA, ratusan petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU) dan jajaran BPBD DKI juga dikerahkan dalam penanganan banjir.

Tak hanya di permukiman, banjir juga melanda di sejumlah ruas jalan di Jakarta, sehingga menyebabkan kemacetan lalu lintas. Seperti terjadi di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, beberapa hari lalu.

Baca Juga: Curah Hujan Tinggi, Begini Strategi Anies Tangani Banjir Jakarta

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya