Deretan Tokoh dan Figur Publik yang Gabung PSI Sebulan Terakhir

PSI diyakini bisa hapus antitoleransi

Jakarta, IDN Times — Sejumlah tokoh dan figur publik bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) selama sebulan terakhir. Diketahui ada tiga orang bergabung dengan PSI dalam waktu berdekatan.

Tiga kader baru PSI yakni Ketua Umum Real Estate Indonesia (REI) Totok Lusida yang ditunjuk menjadi Ketua Dewan Pakar PSI, kemudian eks atlet MMA Rudy ‘The Golden Boy’ Agustian sebagai caleg, dan finalis Miss Indonesia 2006 Marsha Siagian menjadi caleg DPRD DKI Jakarta.

Baca Juga: Finalis Miss Indonesia, Marsha Siagian Jadi Caleg PSI untuk DPRD DKI 

1. Totok ingin bangun kesadaran milenial bareng PSI

Deretan Tokoh dan Figur Publik yang Gabung PSI Sebulan TerakhirKetua Umum Real Estate Indonesia (REI) Totok Lusida bergabung dengan PSI. (Dok/PSI)

Totok mengaku yakin PSI bisa sejalan dengannya karena berjuang untuk toleransi di Indonesia. Dia juga ingin membangun kesadaran milenial agar melek politik dan tak hanya menjadi ‘penonton’ dalam kegiatan pemilu.

“Di PSI, saya akan berkolaborasi untuk juga membangun perekonomian bangsa, termasuk bersama para  milenial. Kita tidak bisa berdiam diri dan main aman, harus terlibat,” kata Totok.

2. Marsha Siagian ingin jadi anggota DPRD DKI

Deretan Tokoh dan Figur Publik yang Gabung PSI Sebulan TerakhirFinalis Miss Indonesia 2006 Marsha Siagian masuk PSI. (Dok/PSI)

Finalis Miss Indonesia 2006, Marsha Siagian mengatakan, menjadi caleg dari PSI karena menginginkan perubahan di Jakarta. Menurutnya, perlu ada transparansi anggaran di DKI Jakarta agar tepat sasaran.

“Jadi, harus sesuai rencana penganggaran dan ada tolok ukur keberhasilan, seperti perubahan positif di masyarakat,” ucapnya.

Dia juga ingin memperjuangkan hak-hak warga untuk memiliki kewarganegaraan ganda. Pasalnya, banyak anak yang lahir dari pernikahan antar negata sehingga harus memilih salah satu kewarganegaraan.

“Padahal anak-anak itu sangat bersedia memajukan Indonesia. Di tubuh mereka juga mengalir darah Indonesia, mereka mencintai Indonesia. Tanpa kewarganegaraan ganda, akan sulit buat mereka,” ujarnya.

3. Rudy ‘The Golden Boy’ ingin jadi caleg

Deretan Tokoh dan Figur Publik yang Gabung PSI Sebulan TerakhirMantan atlet mixed martial arts atau MMA, Rudy ‘The Golden Boy’ Agustian (tengah kiri) setelah bergabung ke Partai Solidaritas Indonesia (PSI). (Dok/PSI)

Eks atlet MMA Rudy ‘The Golden Boy’ Agustian mengaku memiliki pandangan yang sama dengan PSI sehingga memutuskan untuk bergabung.

Ia mengatakan, dirinya pernah merasakan kondisi anti-intoleransi dan korupsi di sekelilingnya. Rudy berharap dengan menjadi caleg dari PSI, bisa membawa dampak perubahan yang lebih baik.

“Dengan masuk PSI dan menjadi caleg, saya berharap bisa melakukan perbaikan,“ kata Rudy.

Ia kemudian bercerita, masih banyak pengurus organisasi olahraga yang bermasalah. Pernah dalam satu event, dia mengaku hanya mendapat Rp100 ribu, jauh dari angka yang dijanjikan sebelumnya.

“Cerita lain, atlet nasional kita dikirim bertanding ke Thailand. Di sana mereka ditempatkan di bedeng, banyak serangga. Memprihatinkan sekali,” kata Rudy.

Kondisi ini, menurut Rudy, harus berubah. Dia menyuarakan kesejahteraan atlet yang harus diperjuangkan.

Baca Juga: Kalah di Pemilu 2019, PSI Masih Targetkan Pemilih Muda di 2024

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya