Gerindra Tak Tutup Peluang Koalisi Bareng PKS

PKS sebelumnya minta PKB ajak Gerindra masuk koalisi

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad buka suara soal ajakan PKS untuk bergabung dalam Koalisi Semut Merah bersama dengan PKB.

Dasco mengatakan pihaknya terbuka untuk berkoalisi dengan partai mana pun termasuk dengan PKS.

“Kami juga membuka pintu yang seluas-luasnya untuk melakukan kerja sama antar partai setelah kami kemarin kerjasama dengan PKB,” kata Dasco di DPR, Jakarta Pusat, Selasa (21/6/2022).

Baca Juga: Menolak Baper, PKS Gak Kapok Jika Harus Koalisi Lagi dengan Gerindra

1. Koalisi Gerindra-PKS bukan tidak mungkin

Gerindra Tak Tutup Peluang Koalisi Bareng PKSANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Dasco mengatakan bukan tidak mungkin Gerindra-PKS kembali berkoalisi dalam Pemilu 2024. Dia menegaskan pihaknya terbuka untuk berkoalisi dengan partai mana pun selama memiliki pandangan yang sama tentang kenegaraan.

“Saya pikir soal koalisi ini (Gerindra-PKS) kan bukan tidak mungkin. Koalisi partai masih terbuka sepanjang masih belum mendaftarkan ke KPU,” tuturnya.

Baca Juga: PKB Ungkap Nasib Koalisi Semut Merah Pascabertemu Prabowo

2. PKS minta PKB ajak Gerindra masuk koalisi

Gerindra Tak Tutup Peluang Koalisi Bareng PKSPresiden PKS Ahmad Syaikhu (Dok PKS)

Wakil Ketua Majelis Syura PKS Sohibul Iman juga mengaku berharap Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin bisa membawa Gerindra masuk dalam Koalisi Semut Merah.

Hal itu dia sampaikan menyinggung hasil pertemuan antara Cak Imin dan Prabowo yang mensinyalkan terbentuknya koalisi baru yakni Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya.

“Kalau PKB menyampaikan setelah bertemu dengan pak Prabowo, dia mengatakan akan ajak PKS dan Demokrat untuk bergabung ke sana. Tapi dari sisi kami, kami berharap justru PKB yang membawa Gerindra untuk ikut ke Koalisi Semut Merah,” tuturnya.

3. Romantisme PKS-Gerindra di 2019

Gerindra Tak Tutup Peluang Koalisi Bareng PKSKetua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto ketika menyambangi kediaman Habib Lutfi bin Yahya di Pekalongan pada 19 April 2022 (Dokumentasi Gerindra)

PKS dan Gerindra sebelumnya berkoalisi untuk berjuang mengalahkan petahana pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin dalam Pemilu 2019 lalu. Pada pemilu tersebut Jokowi-Ma’ruf memenangkan kursi Pilpres.

Prabowo yang sempat menjadi lawan politik Jokowi kemudian bergabung dalam kabinet di pemerintahan 2019-2024 sebagai Menteri Pertahanan (Menhan).

Baca Juga: Muluskan Jalan Prabowo, Gerindra Rombak Pengurus di 11 Daerah

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya