PKB Ungkap Nasib Koalisi Semut Merah Pascabertemu Prabowo

PKB sebut belum ada peresmian koalisi bersama PKS-Gerindra

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengungkap nasib Koalisi Semut Merah yang sebelumnya diinisiasi oleh pihaknya dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Kabar Koalisi Semut Merah ini semakin memudar usai Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin bertamu ke kediaman Ketum Gerindra Prabowo Subianto pada akhir pekan lalu.

Jazilul mengatakan pihaknya akan kembali melakukan pertemuan dengan Gerindra mengundang pihak dari PKS. Dia juga menegaskan tak ada perpecahan antara pihak Koalisi Semut Merah dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya yang diinisiasi oleh PKB-Gerindra.

“Nanti ada teknisnya, selama dua-duanya belum ada janur kuning melengkung, artinya masih terbuka opsi untuk koalisi,” ujar Jazilul di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (20/6/2022).

Baca Juga: Kata Demokrat Soal Koalisi dengan PKS-PKB di Semut Merah

1. PKB sebut belum ada peresmian koalisi

PKB Ungkap Nasib Koalisi Semut Merah Pascabertemu PrabowoIDN Times/Irfan Fathurohman

Jazilul kemudian menyebut sejauh ini pihaknya dengan PKS dan Gerindra belum meresmikan koalisi untuk maju di Pilpres 2024.

Dia menjelaskan, baik Koalisi Semut Merah bersama PKS atau Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya bersama Gerindra belum diresmikan dan masih dalam tahap pembicaraan.

"Iya itu semuanya pada tahap awal kesepakatan, tetapi dengan Gerindra itu istilahnya lebih maju bicara soal siapa pasangannya, gitu,” ujarnya.

Baca Juga: PKB-Gerindra Siap Koalisi, Prabowo-Cak Imin Bakal Jadi Pasangan Capres

2. Bantah tak ada kemajuan di Koalisi Semut Merah

PKB Ungkap Nasib Koalisi Semut Merah Pascabertemu PrabowoDeklarasi Koalisi Semut Merah beranggotakan PKS dan PKB di DPR RI, Kamis (9/6/2022). (Dok/Istimewa)

Jazilul membantah ketika ditanya tak mengalami kemajuan saat bersama dengan Koalisi Semut Merah. Pasalnya hingga kini, koalisi ini belum juga memiliki nama yang bakal diusung untuk maju, juga belum meresmikan koalisi.

“Bukan belum ada maju majunya, pertimbangan-pertimbangannya masih banyak, kenapa? Ya kita menghargai kedaulatan partai masing masing kan. Beda kalau dengan Gerindra ketemu Ketua Umum, gitu,” ujar Jazilul.

3. Belum resmikan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya

PKB Ungkap Nasib Koalisi Semut Merah Pascabertemu PrabowoKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar (kanan) (Instagram Cak Imin/ANTARA FOTO)

Lebih lanjut, Jazilul juga menegaskan kembali pihaknya belum meresmikan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya pasca pertemuan dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

“Kemarin kerja sama, ngobrolnya sih mau koalisi. Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya. Tapi resminya belum,” tuturnya.

Kendati demikian, dia juga menegaskan bahwa komunikasi antar partai di PKB dan PKS dalam Koalisi Semut Merah terus berjalan. Pihaknya bakal berkomunikasi dengan PKS terkait kesepakatan kerja sama dengan Partai Gerindra.

“Mereka saling memahami kok, kan PKS sendiri yang bilang nanti nunggu janur kuning, ya sama janur kuningnya belum ada, PKS juga tau kok Gerindra dengan PKB belum ada janur kuning melengkung,” pungkas dia.

Baca Juga: PKB: Kader Partai Jadi Tolak Ukur Pertama Pilpres 2024

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya