Hanya 30 Menit, Aksi 1.000 Lilin untuk Brigadir J Dibubarkan

Warga berdoa bersama untuk Brigadir J

Jakarta, IDN Times - Aksi simbolis 1.000 lilin untuk Brigadir J hanya berlangsung sekitar 30 menit di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Jumat (22/7/2022). 

Pantauan IDN Times di lokasi, beberapa warga tiba pukul 19.10 WIB di lokasi. Mereka menunggu massa aksi lainnya tiba di lokasi untuk menggelar doa bersama dan aksi simbolik 1.000 lilin.

Aksi baru dimulai sekitar pukul 19.35 WIB. Anggota Tim Advokat Penegakan Hukum & Keadilan (TAMPAK) Saor Siagian yang juga mengikuti aksi ini langsung menuju Bundaran HI dan menggelar doa bersama. 

“Kami di sini damai berdoa untuk Brigadir J,” kata Saor di lokasi. 

Sekitar pukul 20.10 WIB, aksi itu diminta bubar oleh Satpol PP dan Kapolsek Menteng AKBP Netty Siagian di lokasi. Aksi simbolik ini hanya berlangsung kurang lebih 30 menit. 

“Itu sebenernya memang dilarang sesuai Pergub 228, tapi toleransinya kita kasih sampai pukul 20.00 WIB, setelah itu kita bubarkan,” kata Netty.

Sebagai informasi, Tim Khusus (Timsus) Polri kasus kematian Brigadir J telah memeriksa keluarga dan saksi-saksi di Polda Jambi. Hasil gelar perkara, laporan keluarga Brigadir J terkait kasus dugaan pembunuhan berencana naik ke penyidikan.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, kasus naik penyidikan pada hari ini, Jumat (22/7/2022).

“Melalui proses gelar perkara yang dilakukan sore hari ini oleh Dirtipidum, jadi status laporan dari pihak pengacara keluarga Brigadir J dari penyelidikan sekarang statusnya sudah naik ke penyidikan,” kata Dedi di Mabes Polri.

Baca Juga: Puluhan Warga Gelar Aksi 1.000 Lilin di HI untuk Brigadir J

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya