Puluhan Warga Gelar Aksi 1.000 Lilin di HI untuk Brigadir J

Warga bentangkan spanduk dan berdoa bersama

Jakarta, IDN Times - Sejumlah elemen masyarakat didampingi Tim Advokat Penegakan Hukum & Keadilan (Tampak) menggelar doa bersama untuk Brigadir J di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Jumat (22/7/2022) malam.

Pantauan IDN Times di lokasi, puluhan warga datang tiba di lokasi sekitar pukul 19.10 WIB dengan membawa lilin dan membentangkan spanduk bertuliskan “1.000 Lilin Keadilan RIP Alm Brigadir Joshua Hutabarat”.

Sejumlah warga yang datang membawa lilin dan menyanyikan lagu Indonesia Raya di tengah Bundaran HI. Setelah menyanyikan lagu kebangsaan itu, mereka bersama-sama bernyanyi lagi Bagimu Negeri.

“Kami di sini untuk Brigadir Yoshua Hutabarat,” kata salah seorang warga di lokasi.

Dalam aksi itu, warga diingatkan Satpol PP untuk menjaga protokol kesehatan (prokes). Massa yang tergabung dalam aksi simbolis itu kemudian saling menjaga jarak dan mengitari Bundaran HI.

Anggota Tampak, Saor Siagian, mengucapkan terima kasih kepada Satpol PP di lokasi yang mengingatkan prokes.

“Terima kasih Satpol PP yang sudah mengingatkan prokes kepada kita, kami mohon izin menggunakan tempat ini hingga pukul 20.00 WIB sesuai dengan ketentuan, teman-teman dimohon untuk tidak terprovokasi,” tuturnya.

Sebagai informasi, Tim Khusus (Timsus) Polri kasus kematian Brigadir J telah memeriksa keluarga dan saksi-saksi di Polda Jambi. Dari hasil gelar perkara, laporan keluarga Brigadir J terkait kasus dugaan pembunuhan berencana naik ke penyidikan.

“Melalui proses gelar perkara yang dilakukan sore hari ini oleh Dirtipidum, jadi status laporan dari pihak pengacara keluarga Brigadir J dari penyelidikan sekarang statusnya sudah naik ke penyidikan,” kata Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri hari ini.

Baca Juga: Tim Forensik Polri Sampaikan Hasil Autopsi Brigadir J ke Komnas HAM

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya