Comscore Tracker

Johanis Tanak Terpilih Jadi Pimpinan KPK Gantikan Lili Pintauli

Hasil voting di Komisi III Johanis Tanak dapat suara unggul

Jakarta, IDN Times - Johanis Tanak terpilih sebagai calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggantikan Wakil Ketua KPK, Lili Pintauli Siregar.

Pemilihan itu berdasarkan hasil voting di Komisi III DPR RI, usai fit and proper test, Rabu (29/9/2022). Johanis terpilih dengan 38 suara, sedangkan I Nyoman Wara 14 suara.

"Hasil penghitungan, voting dengan sistem one man one vote, dengan nama I Nyoman jumlah suara 14 dan saudara Johanis Tanak jumlah suara 38, dan satu suara tidak sah. Total 53 suara sesuai jumlah kehadiran,” kata Wakil Ketua Komisi III DPR, Adies Kadir, saat rapat di Komisi III.

“Johanis Tanak terpilih sebagai calon anggota pengganti pimpinan KPK masa jabatan 2019-2023. Apakah bisa disetujui?” tanya Adies.

“Setuju,” jawab seluruh anggota dewan yang hadir.

Jawaban itu sekaligus diiringi ketukan palu Adies tanda kesepakatan.

Sebagai informasi, terdapat dua calon pimpinan KPK mengikuti uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di Komisi III DPR hari ini. Kedua calon itu adalah Johanis Tanak dan I Nyoman Wara.

Kedua calon tersebut sebelumnya menyampaikan visi-misi jika terpilih sebagai pimpinan KPK.

Setelah mendengar visi misi calon pimpinan KPK, Komisi III DPR melalukan voting untuk menentukan siapa yang akan dipilih menjadi Wakil Ketua KPK. Voting diikuti 53 dari 54 anggota Komisi III di ruangan.

Baca Juga: DPR Sebut Dewas KPK Bisa Lanjutkan Sidang Etik Lili Pintauli

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya