Jokowi Beberkan Alasan Pilih Muhammad Ali Jadi KSAL: Leadership Kuat 

Jokowi titip jaga perairan Indonesia

Jakarta, IDN Times — Presiden Joko “Jokowi” Widodo membeberkan alasan memilih Muhammad Ali sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) menggantikan Laksamana Yudo Margono.

Muhammad Ali juga sekaligus mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat dari Laksamana Madya menjadi Laksamana.

Baca Juga: Jokowi Lantik Muhammad Ali Jadi KSAL, Gantikan Yudo Margono

1. Jokowi sebut lihat rekam jejak

Jokowi Beberkan Alasan Pilih Muhammad Ali Jadi KSAL: Leadership Kuat Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengangkat Laksamana Muda TNI, Muhammad Ali (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi menyebut alasan memilih Muhammad Ali karena rekam jejaknya di tubuh TNI AL. Muhammad Ali juga dinilai memiliki jiwa kepemimpinan yang baik.

“Selalu selalu saya melihat rekam jejak. Beliau ini kan pernah Gubernur Akademi Angkatan Laut, pernah di Pangkoarmada, pernah di Pangkogabwilhan. Ini pengalaman rekam jejak itu menjadi selalu saya lihat dan beliau memiliki leadership yang baik,” kata Jokowi di Istana, Rabu (28/12/2022).

Baca Juga: Yudo Margono Jawab Siapa Pengganti Dirinya Jadi KSAL

2. Jokowi titip jaga perairan Indonesia

Jokowi Beberkan Alasan Pilih Muhammad Ali Jadi KSAL: Leadership Kuat Presiden Joko Widodo setelah pelantikan KSAL terpilih Muhammad Ali. (Dok/YouTube Sekretariat Presiden)

Jokowi kemudian mengatakan telah meminta Muhammad Ali untuk menjaga wilayah perairan Indonesia. Terutama, di wilayah perairan Laut China Selatan (LSC) yang masih menjadi sengketa antarnegara.

Hal itu dia sampaikan merespons pertanyaan wartawan terkait arahan khusus menjaga perairan Indonesia di wilayah LCS.

“Tadi kan saya sampaikan perbatasan, yang berkaitan dengan perbatasan, utamanya laut bukan perbatasan daratan,” ujar Jokowi.

Baca Juga: Tok! Komisi I DPR Setuju KSAL Yudo Margono Jadi Panglima TNI 

3. Melakukan modernisasi alutsista AL

Jokowi Beberkan Alasan Pilih Muhammad Ali Jadi KSAL: Leadership Kuat Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Jokowi juga ditanyai wartawan terkait dengan kekurangan alutsista Indonesia terutama di matra TNI AL. Jokowi mengatakan telah memberikan arahan khusus untuk memodernisasi alutsista yang harus diperkuat.

“Ya termasuk juga modernisasi alutsista kita yang berkaitan dengan laut, yang harus terus diperkuat,” tuturnya.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya