Jokowi Lantik Muhammad Ali Jadi KSAL, Gantikan Yudo Margono

Pangkat Muhammad Ali naik setingkat menjadi Laksamana

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengangkat Laksamana Madya TNI Muhammad Ali sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Rabu (28/12/2022). Muhammad Ali juga sekaligus mendapatkan pangkat satu tingkat lebih tinggi yakni Laksamana TNI.

Pelantikan ini disaksikan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit.

Hal itu tertuang dalam Keputusan Presiden Indonesia Nomor 100.TNI/2022, tentang Pemberhentian Kepala Staf Angkatan Laut. Keputusan itu juga sekaligus memberhentikan dengan hormat Laksamana Yudo Margono sebagai KSAL.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas dan jabatan akan menjunjung tinggin etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” kata Ali saat bersumpah di depan Jokowi dan saksi.

Lepas membacakan sumpah jabatan, Muhammad Ali lalu menandatangani berita acara pelantikan KSAL bersama dengan Jokowi.

Sebagai informasi, KSAL sebelumnya dijabat Laksamana Yudo Margono, yang telah diangkat sebagai Panglima TNI, menggantikan Jenderal Andika Perkasa. Dalam kesempatan ini, hadir juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Baca Juga: Yudo Harap KSAL Baru Segera Ditunjuk agar Tak Lagi Rangkap Jabatan

Topik:

  • Rochmanudin
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya