Jokowi Resmikan Pengembangan Stasiun Manggarai 

"Stasiun dengan lalin kereta tersibuk di Indonesia."

Jakarta, IDN Times — Presiden Joko “Jokowi” Widodo meresmikan pengembangan Stasiun Manggarai tahap 1 pada Senin (26/12/2022). Stasiun Manggarai direncanakan menjadi stasiun central yang terintegrasi dengan KRL, KA Bandara, dan KA Jarak Jauh (KJJ).

Jokowi mengatakan Stasiun Manggarai merupakan stasiun dengan lalu lintas kereta dan penumpang terpadat yang ada di Indonesia.

“Hari ini saya meresmikan pengembangan Stasiun Manggarai yang merupakan stasiun dengan lalin kereta tersibuk di Indonesia,” kata Jokowi.

Diketahui Stasiun Manggarai melayani penghentian KRL Jakarta Kota-Tanah Abang-Bekasi. Stasiun Manggarai ini juga menjadi transit penumpang menuju Stasiun Bogor.

Jokowi mengatakan pengembangan Stasiun Manggarai menjadi stasiun central sudah dilakukan sejak 2016 lalu. Melalui pengembangan itu, Stasiun Manggarai memiliki double track jalur Manggarai-Cikarang dengan penambahan hingga 14 jalur.

“Pengembangan stasiun ini sangat penting untuk meningkatkan akses kereta api dan meningkatkan akses ke kota penyangga lainnya,” ujar Jokowi.

Dia berharap pengembangan Stasiun Manggarai juga bisa meningkatkan akses warga menuju kota penyangga Jakarta seperti Bekasi, Depok, Bogor, dan Tangerang.

“Dengan adanya fasilitas yang semakin baik dan terintegrasi, konektivitas akan semakin baik, mobilitas dan aktivitas masyarakat akan semakin lancar dan efisien, dan masyarakat semakin senang menggunakan transportasi umum,” kata Jokowi.

Baca Juga: Stasiun Pasar Senen Sediakan Porter Gratis bagi Penumpang Disabilitas

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya