Stasiun Pasar Senen Sediakan Porter Gratis bagi Penumpang Disabilitas

Ciri-ciri porter gratis pakai rompi oranye

Jakarta, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan porter gratis bagi penumpang berkebutuhan khusus atau disabilitas, yang akan melalui jalur penyeberangan bawah (underpass) untuk menuju kereta yang berada di jalur 3 dan 4, di Stasiun Pasar Senen, Jakarta.

Layanan porter gratis tersebut memiliki ciri khusus, yakni menggunakan seragam khusus berupa rompi warna oranye.

Baca Juga: 18.800 Penumpang Berangkat dari Stasiun Pasar Senen pada Hari Natal

1. Siapa saja yang bisa dapat fasilitas ini

Stasiun Pasar Senen Sediakan Porter Gratis bagi Penumpang DisabilitasPotret porter di Stasiun Gambir. (dok. IDN Times/Istimewa)

Kepala Humas PT KAI DAOP 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, petugas pada layanan tersebut secara proaktif akan membantu penumpang yang terlihat membutuhkan bantuan, khususnya pada lansia, disabilitas, ibu hamil dan anak-anak yang akan melintasi underpass menuju peron 3 dan 4 saat akan berangkat ataupun sebaliknya.

"Layanan porter gratis dihadirkan karena pada musim liburan karakteristik penumpang KA yang berangkat mayoritas bersama keluarga dan membawa anak, serta barang bawaan yang cukup banyak," jelas Eva dalam keterangan resmi, Minggu (25/12/2022).

2. Diperuntukkan bagi pelanggan KA di jalur 3 dan 4

Stasiun Pasar Senen Sediakan Porter Gratis bagi Penumpang DisabilitasKemenhub berada di stasiun Kereta Api (dok.BKIP Kemenhub)

Adapun, para pelanggan KA di Stasiun Pasar Senen yang akan menuju kereta di jalur 3 dan 4, dapat memanfaatkan layanan porter gratis tersebut.

Sementara untuk layanan porter dengan tips jasa sesuai kebijakan pengguna, juga masih ada untuk membantu pelanggan KA di area stasiun.

3. Volume keberangkatan kereta ekonomi paling tinggi

Stasiun Pasar Senen Sediakan Porter Gratis bagi Penumpang DisabilitasANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

Pada masa Nataru 2022/2023, Stasiun Pasar Senen merupakan stasiun KA Jarak Jauh di area Daop 1 Jakarta untuk pemberangkatan KA Ekonomi yang mengalami peningkatan volume cukup tinggi.

Pada Jumat lalu (23/12), total sekitar 23 ribu pengguna berangkat dari Stasiun Pasar Senen.

Baca Juga: Libur Nataru, Tiket KA dari Gambir-Senen Terjual hingga 287 Ribu

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya