KLHK Prediksi Ada 49 Ribu Ton Sampah Imbas Mudik Lebaran 2023

Menteri KLHK imbau pemudik kurangi sampah

Jakarta, IDN Times - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memprediksi ada sebanyak 49.520 ton sampah yang akan dihasilkan dari aktivitas mudik Lebaran 2023. Jumlah itu ditaksir dari total 123,8 juta orang yang akan melakukan mudik pada dua minggu ke depan. 

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar mengatakan timbunan sampah tersebut biasanya berasal dari sisa makanan, serta sampah plastik kemasan makanan dan minuman. 

"Biasanya ada pada tiap titik pemberhentian atau pun di sepanjang jalur mudik," kata Siti Nurbaya di Terminal Pulo Gebang, Selasa (18/4/2023). 

1. KLHK imbau pemudik bisa kelola sampah

KLHK Prediksi Ada 49 Ribu Ton Sampah Imbas Mudik Lebaran 2023Penumpang Kereta Api Bangunkarta menunggu kedatangan kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (27/4/2022). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Siti Nurbaya mengimbau agar pemudik bisa mengelola sampah bekas sisa makanan atau bungkus makanan agar tak menumpuk. Dia juga menyarankan mudik minim sampah agar tak ada timbunan sampah di titik-titik peristirahatan. 

"Kampanye Mudik Minim Sampah sudah dilakukan KLHK sejak tahun 2016, Pemerintah terus belajar untuk mengurangi timbulan sampah salah satunya lewat himbauan mudik minim sampah kepada para pemudik," ujarnya. 

Baca Juga: Mudik 2023, Polres Bekasi Bakal Terapkan Contraflow di Jalur Arteri

2. Siti Nurbaya dorong pengelola sarana transportasi sediakan tempat sampah

KLHK Prediksi Ada 49 Ribu Ton Sampah Imbas Mudik Lebaran 2023IDN Times/Marisa Safitri

Dalam peninjauan ke Terminal Pulo Gebang itu, Siti Nurbaya berpesan agar pengelola tempat pemberangkatan seperti terminal bus, stasiun kereta, pelabuhan, bandara, hingga rest area jalan tol bisa menambahkan sarana pengelolaan sampah. 

"Memang untuk mengelola sampah di tempat umum seperti ini butuh dukungan sarana prasarana yang cukup dan memadai," ucapnya. 

Pada peninjauan ini Siti Nurbaya juga menyerahkan bantuan sarana prasarana pengelolaan sampah berupa gerobak sampah terpilah, tempat sampah terpilah, dan tempat sampah besar kepada Pengelola Terminal Pulo Gebang yang akan diletakkan di seluruh Terminal Pulo Gebang.

3.KLHK keluarkan surat edaran untuk mengendalikan sampah

KLHK Prediksi Ada 49 Ribu Ton Sampah Imbas Mudik Lebaran 2023Ilustrasi sampah plastik (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Sebagai langkah antisipasi melonjaknya timbulan sampah pada momen Idul Fitri 1444 H, KLHK juga telah meluncurkan Surat Edaran Menteri LHK Nomor SE 2/MENLHK/PSLB3/PLB.2/4/2023 Tentang Pengendalian Sampah dalam Rangkaian Kegiatan Hari Raya Idul Fitri 2023.

Siti Nurbaya mengatakan surat edaran ini bertujuan untuk memperkuat komitmen dan peran aktif pemerintah daerah dalam melaksanakan pengurangan dan penanganan sampah guna mengurangi timbulan sampah ke TPA, memperkuat partisipasi publik dalam upaya pengurangan sampah melalui Pelaksanaan Ramadan Minim Sampah, Idul Fitri Minim Sampah dan Mudik Minim Sampah.

Baca Juga: Oneway Berlaku saat Arus Mudik di Tol Cikampek-Kalikangkung 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya