Comscore Tracker

Luhut Ditugasi Urus Migor, Demokrat Sebut Jokowi Bergantung Banget

Demokrat sebut ada ketidakseimbangan dalam kabinet Jokowi

Jakarta, IDN Times — Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra menilai Presiden Joko “Jokowi” Widodo sangat bergantung dengan sosok Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Herzaky menjelaskan, hal itu dibuktikan dengan pelibatan peran Luhut dalam setiap urusan di dalam negeri, mulai dari pandemik COVID-19 hingga kelangkaan minyak goreng (migor).

“Terkait tiap permasalahan besar yang muncul, selalu diserahkan kepada satu sosok menteri untuk menanganinya. Ada ketergantungan amat tinggi kabinet Jokowi dengan sosok ini,” kata Herzaky dalam keterangan tertulis, Rabu (25/5/2022).

Baca Juga: Anggota DPR Kritik Penugasan Luhut Kontrol soal Minyak Goreng

1. Demokrat sebut ada ketidakseimbangan dalam kabinet

Luhut Ditugasi Urus Migor, Demokrat Sebut Jokowi Bergantung BangetKetum Partai Demokrat AHY bersama dengan jajaran Partai Demokrat lainnya berjalan bersama memasuki Kantor Fraksi Partai Demokrat (FDP) pada Kamis, 6 Agustus 2020 (Instagram.com/agusyudhoyono)

Dia menyinggung Luhut yang sebelumnya mendapat gelar ‘Menteri Segala Urusan’ saat ini bisa disebut sebagai ‘Menko Minyak Goreng’ karena ikut ditugaskan menangani urusan minyak goreng.

“Setelah sebelumnya digelari menteri segala urusan, bisa-bisa sekarang dianggap Menko Minyak Goreng, saking mendesaknya masalah minyak goreng ini untuk ditangani,“ ujar dia.

Menurutnya, terjadi ketidakseimbangan dalam Kabinet Indonesia Maju saat ini. Pasalnya Luhut mendapat banyak penugasan di luar bidang dan tugas kerjanya.

“Tentunya ini bisa menimbulkan ketidakseimbangan dalam kabinet, saat ada menteri-menteri yang mendapat begitu banyak penugasan, dan ada yang seakan-akan dipinggirkan,” ucap Herzaky.

Baca Juga: Luhut Ikut Urus Minyak Goreng, Kemendag: Berpengalaman di PPKM

2. Minta Jokowi optimasi kinerja menteri

Luhut Ditugasi Urus Migor, Demokrat Sebut Jokowi Bergantung BangetPresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Partai Demokrat kemudian berpesan agar Jokowi bisa mengoptimasi kinerja menteri-menteri dalam kabinetnya. Menurut Herzaky, Jokowi mestinya bisa memaksimalkan kinerja menteri sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Hal itu juga diperlukan agar tidak ada menteri yang bekerja lebih banyak dari yang lain. Semua beban kerja menteri ditanggung sama rata.

“Harapan kami, Presiden Jokowi dapat memaksimalkan kinerja seluruh anggota kabinetnya selama dua tahun ke depan. Agar ekonomi Indonesia bisa bangkit dan segera pulih,” ujar Herzaky.

Baca Juga: Luhut Diminta Jokowi Bantu Distribusi Minyak Goreng di Jawa-Bali

3. Jokowi disebut minta Luhut urus migor di Jawa-Bali

Luhut Ditugasi Urus Migor, Demokrat Sebut Jokowi Bergantung BangetMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengajak masyarakat lapor SPT Tahunan. (dok. YouTube Direktorat Jenderal Pajak)

Juru Bicara Kemenko Marves, Jodi Mahardi sebelumnya mengatakan Luhut telah ditugasi Jokowi untuk membantu dan memastikan ketersediaan serta distribusi minyak goreng di wilayah Jawa dan Bali.

“Pak Menko Maritim dan Investasi diminta Presiden untuk membantu memastikan ketersediaan dan distribusi minyak goreng sesuai target, di daerah Jawa dan Bali,” ucap Jodi kepada IDN Times.

Namun, dia memastikan koordinasi penanganan masalah minyak goreng masih ada di bawah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

“Dalam melaksanakan tugas tersebut pemerintah harus saling berkoordinasi, dengan Kementerian Perekonomian sebagai lead koordinatornya dan melibatkan kementerian/lembaga teknis di antaranya Kemendag, Kemenperin, Kemenkeu serta Satgas Pangan, BPKP, Kejagung untuk pengawasannya,” tutur Jodi.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya