NasDem Buka Suara soal Nihil Usul Nama Prabowo dan AHY dalam Rakernas

NasDem pastikan komunikasi tetap terjalin

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 25 nama tokoh diusulkan sebagai capres di 2024 dalam Rakernas Partai NasDem. Beberapa nama besar seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Menteri BUMN Erick Thohir, hingga Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa masuk dalam usulan tersebut.

Kendati demikian, nihil nama Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam usulan nama capres tingkat DPW. Padahal keduanya sempat bertemu dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh pada awal Juni lalu.

Baca Juga: NasDem Pastikan AHY dan Prabowo Masih Berpeluang Diusung Jadi Capres

1. DPW NasDem tak ingin ada ketum parpol lain

NasDem Buka Suara soal Nihil Usul Nama Prabowo dan AHY dalam RakernasANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengatakan kondisi itu didasari karena DPW Nasdem tak menginginkan sosok berpengaruh dalam partai lain untuk diusulkan sebagai Capres.

"Iya tentu proses rekomendasi ini kita dengar langsung tadi mungkin teman-teman di DPW memiliki catatan yang tidak menginginkannya asosiasi figur yang terlalu dominan ke partai politik tertentu," kata Willy saat jumpa pers di agenda Rakernas NasDem, di JCC, Jakarta Pusat, Kamis (16/6/2022).

Menurutnya hal tersebut merupakan kondisi yang wajar, karena mengingat tidak ada ketua umum partai lainnya lagi yang diusulkan oleh DPW NasDem menjadi capres. Dia juga menegaskan terkait siapa sosok yang akan diusung nantinya oleh Partai NasDem, merupakan wewenang dari Surya Paloh selaku Ketua Umum.

"Pertimbangannya jauh lebih kepada asosiasi yang sangat kental dengan partai tertentu sehingga itu menjadi preferensi bagi teman-teman di wilayah untuk tidak menyebut nama itu tadi," ujar dia.

Baca Juga: Alasan NasDem Tak Ingin Buru-buru Usung Anies Baswedan Jadi Capres

2. Belum berjodoh dengan AHY atau Prabowo

NasDem Buka Suara soal Nihil Usul Nama Prabowo dan AHY dalam RakernasKetum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono didamping Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat bertemu Ketum Nasdem Surya Paloh pada Minggu (5/6/2022) malam. (IDNTimes/Istimewa)

Willy memastikan bahwa silaturahmi antar partai politik akan tetap terjalin kendati beberapa elite partai tidak masuk dalam rekomendasi capres. Pihaknya menyadari Partai NasDem tidak akan bisa maju mengusung capres sendiri tanpa menjalin koalisi dengan partai lain.

Akan tetapi, Willy menegaskan Partai NasDem tidak bisa memaksakan siapa yang akan diusung menjadi capres termasuk jika koalisi sudah terbentuk.

"Mungkin ya kalau belum jodoh kan nggak mungkin kita kawin paksa akan jadi, nanti kita lihat siapa lah dari nama-nama yang muncul itu yang ada partai-partai yang tertarik lalu kemudian kita membangun koalisi bersama-sama," ucapnya.

Baca Juga: Nama Ganjar Populer Jadi Capres di Rakernas, Begini Kata NasDem 

3. Daftar 25 nama tokoh yang diusulkan DPW NasDem

NasDem Buka Suara soal Nihil Usul Nama Prabowo dan AHY dalam RakernasKetua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh saat ditemui usai berdiskusi bersama di Kantor DPP Nasdem di Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (1/5/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Sebagai informasi, setiap DPW berhak mengusulkan 3-5 nama ke DPP untuk dibahas kelayakannya menjadi capres yang diusung NasDem. Berikut daftar 25 nama yang diusulkan oleh 34 DPW daerah NasDem untuk diusung sebagai capres di 2024.

  1. Anies Baswedan: 32
  2. Ganjar Pranowo: 29
  3. Erick Thohir: 16
  4. Rachmat Gobel: 14
  5. Andika Perkasa: 13
  6. Syahrul Yasin Limpo: 7
  7. Lestari Moerdijat: 6
  8. Prananda Surya Paloh: 5
  9. Ahmad Sahroni: 4
  10. Ridwan Kamil: 4
  11. Khofifah Indar Parawansa: 4
  12. Dudung Abdurachman: 2
  13. Mathius Awoitauw: 2
  14. Ahmad Ali: 2
  15. Viktor Laiskodat: 1
  16. Siswono Yudo Husodo: 1
  17. Herman Deru: 1
  18. Surya Paloh: 1
  19. Isran Noor: 1
  20. Tuan Guru Bajang: 1
  21. Sandiaga Uno: 1
  22. Wahidin Halim: 1
  23. Siti Nurbaya Bakar: 1
  24. Sofyan Kalio: 1
  25. Syarif Fasha: 1

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya