Comscore Tracker

Partai Buruh Targetkan 7 Juta Suara di Basis Petani 5 Provinsi Ini

Partai Buruh gelar rakernas di Jakarta Barat

Jakarta, IDN Times - Partai Buruh menargetkan 7 juta suara dari basis petani di lima provinsi di Indonesia. Hal itu diungkapkan Presiden Partai Buruh, Said Iqbal, dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Jakarta Barat, Minggu (15/1/2023).

Iqbal menjelaskan pihaknya memiliki target suara sah 4 persen atau sekitar 20 kursi untuk duduk di DPR RI.

Baca Juga: Said Iqbal: Partai Buruh Umumkan Capres 17 Januari

1. Lima provinsi incaran Partai Buruh

Partai Buruh Targetkan 7 Juta Suara di Basis Petani 5 Provinsi Ini

Untuk mencapai target itu, Partai Buruh akan memperkuat dukungan dan solidaritas di lima provinsi yang menjadi basis suara petani yakni di Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, DKI Jakarta, dan Kepulauan Riau.

“Target suara sah kami 4 persen, artinya 6-7 juta suara dengan titik tumpu di basis petani, satu di Jabar yang menjadi lumbung suara buruh, Jatim, Banten, DKI, dan Kepulauan Riau,” kata Iqbal.

2. Partai Buruh kembali ajukan uji materi ambang batas presiden

Partai Buruh Targetkan 7 Juta Suara di Basis Petani 5 Provinsi Ini

Iqbal menjelaskan dalam Rakernas yang berlangsung pada 15-17 Januari 2023 itu, akan dibahas strategi pemenangan, strukturisasi partai, hingga pengumuman capres dan cawapres untuk maju ke Pemilu 2024.

“Kami juga akan kembali mengajukan uji materi presidential threshold (ambang batas pencalonan presiden) ke MK (Mahkamah Konstitusi), mudah-mudahan di tahun politik ini, hakim MK bisa berubah pikiran,” kata dia.

Baca Juga: Partai Buruh Ungkap Sumber Dana Rakernas: Dari Iuran Anggota

3. Rakernas Partai Buruh dihadiri 800 peserta

Partai Buruh Targetkan 7 Juta Suara di Basis Petani 5 Provinsi IniIlustrasi - Massa Partai Buruh berunjuk rasa di depan gedung DPRD Sumut, Selasa (12/10/2022). (Dok Partai Buruh)

Partai Buruh mengadakan Rakernas yang dihadiri sekitar 800 peserta yang berasal dari 38 provinsi di seluruh Indonesia, termasuk daerah otonomi baru (DOB) Papua.

Iqbal mengklaim seluruh peserta datang ke Rakernas menggunakan dana pribadi.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya