PKS Bantah Anies Baswedan Terlibat Politik Identitas 

Anies disebut anak bangsa yang menjunjung keberagaman

Jakarta, IDN Times — Wakil Ketua Majelis Syura PKS Hidayat Nur Wahid (HNW) membantah Anies Baswedan terlibat dalam politik identitas dalam Pilkada 2017. Hal itu dia sampaikan saat ditanya mengenai dugaan politik identitas menyeret nama Anies Baswedan.

Sebagai informasi, pada Pilkada DKI 2017 lalu, Anies kerap kali dikaitkan dengan politik identitas pada setiap kampanyenya. Salah satunya yakni spanduk bertuliskan Al Maidah ayat 51 yang terbentang di tempat kampanye Anies Baswedan di Setiabudi pada April 2017 lalu.

“Siapa yang pertama kali ngomong tentang Al Maidah 51? Coba ada engga (Anies ngomong)? Muncul engga? Pak Anies? Bukan. Kenapa kemudian diarahkan ke Pak Anies? Jadi kita harus fair juga ya dengan fakta ini,” kata HNW di MPR, Minggu (5/2/2023).

Baca Juga: Reaksi Anies Baswedan soal Jokowi Ketemu Surya Paloh, Gak Mau Tanggapi

1. PKS bantah Anies ikut politik identitas

PKS Bantah Anies Baswedan Terlibat Politik Identitas Gubernur Anies Baswedan berfoto dengan anak-anak di Danau CIncin, Jakarta Utara (Instagram.com/AniesBaswedan)

HNW menegaskan Anies tidak pernah menyuarakan politik identitas. Justru, menurutnya, Anies sangat mendukung keberagaman karena pada Pilpres 2019 lalu mendukung capres dari komunitas nonmuslim.

“Jadi Pak Anies tidak pernah menyuarakan tentang politik identitas, bahkan beliau, yang pertama kali mendukung sebagai capres justru dari komunitas non-muslim,” ujarnya.

Baca Juga: Cak Imin Ngaku Tak Tahu soal Perjanjian Politik Anies dan Prabowo

2. Hubungan Anies dengan kelompok agama sangat baik

PKS Bantah Anies Baswedan Terlibat Politik Identitas Bakal capres Anies Baswedan ketika melakukan safari politik di Aceh pada 2 Desember 2022. (www.instagram.com/@aniesbaswedan)

HNW juga mengatakan bahwa hubungan Anies Baswedan dengan berbagai kelompok agama sangat baik. Menurutnya, Anies sangat menjunjung tinggi semboyan kebinnekaan.

“Pak Anies 5 tahun jadi gubernur sangat terukur, hubungan beliau dengan umat beragama sangat baik, identitas beliau adalah keindonesiaan, itulah identitas Pak Anies,” tuturnya.

Baca Juga: AHY Sebut Cawapres Diserahkan ke Anies, Tak Boleh Kawin Paksa

3. PKS tegaskan dukung Anies

PKS Bantah Anies Baswedan Terlibat Politik Identitas Anies Baswedan melakukan safari politik ke Tanah Papua pada Kamis (8/12/2022). (instagram.com/aniesbaswedan)

PKS sebelumnya sudah mendeklarasikan diri mendukung Anies Baswedan sebagai bakal capres.

“PKS sudah menegaskan secara awal bahwa Pak Anies Baswedan adalah calon dari PKS. Identitas kami sudah jelas. Beliau orang Indonesia, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, dan orang yang sangat dihormati dalam konteks pluralitas dan diterima masyarakat yang beragam,” tutur HNW.

Baca Juga: Didukung 3 Parpol, Anies: Bismillah, Kepercayaan Telah Diemban

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya