Comscore Tracker

Politikus Demokrat Curiga Musra untuk Giring Dukungan Jokowi 3 Periode

Musra disebut selalu pilih Jokowi maju Pilpres tiga periode

Jakarta, IDN Times - Ketua DPD Partai Demorkat Kalimantan Timur, Irwan Fecho, mencurigai kegiatan Musyawarah Rakyat Indonesia (Musra), untuk menggiring opini publik agar menginginkan jabatan Presiden Joko "Jokowi" Wdiodo tiga periode.

Irwan menyebut kecurigaan itu bakal makin terbukti kebenarannya, jika Jokowi kembali diusulkan maju pada Pilpres 2024 dalam Musra kedua, yang bakal digelar di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, 2 Oktober 2022.

Baca Juga: Jokowi Capres 2024 Musra Jabar, Jokpro: 3 Periode Segera Terwujud!

1. Musra diyakini untuk giring dukungan ke Jokowi

Politikus Demokrat Curiga Musra untuk Giring Dukungan Jokowi 3 PeriodePernyataan Presiden Jokowi tentang Bencana Banjir di Kalimantan Selatan, 15 Januari 2021 (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Irwan menyebut jika dalam Musra kedua nanti Jokowi kembali terpilih untuk diusulkan pada Pemilu 2024, maka kecurigaannya semakin besar.

“Kalau Musra kedua nanti bakal begitu (mengusung Jokowi), ya nanti makin mengental kesimpulannya ke situ,” kata Irwan, dalam diskusi Total Politik, Jakarta Selatan, Minggu (25/9/2022).

2. Demokrat dukung Musra jika demi demokrasi

Politikus Demokrat Curiga Musra untuk Giring Dukungan Jokowi 3 PeriodeANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Meski ada kecurigaan, Irwan mengaku akan mendukung Musra bila diselenggarakan demi terjalinnya demokrasi di Indonesia. Musra, menurutnya, baik dilakukan jika memang benar mendengarkan aspirasi masyarakat.

“Saya pikir Musra ini saya dukung kalau kemudian isinya membangun gagasan, menguatkan demokrasi, asal tak disisipi isu-isu,” ujarnya.

Irwan meminta agar Musra tak kembali mendorong perpanjangan masa jabatan Presiden Jokowi. Jika hasil Musra kedua nanti tetap mendorong Jokowi tiga periode, maka menurutnya, Musra sebaiknya dihentikan.

“Kalau proses Musra ini di Makassar kembali kemudian secara hasil itu mendorong tiga periode, lebih baik dihentikan,” tuturnya.

Baca Juga: Musra Pertama Digelar, Jokowi Muncul sebagai Capres Harapan Rakyat

3. Musra kedua akan diselenggarakan pada 2 Oktober di Makassar

Politikus Demokrat Curiga Musra untuk Giring Dukungan Jokowi 3 PeriodeRelawan Jokowi gelar musyawarah rakyat (musra) di 34 provinsi (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebelumnya, Ketua Panitia Musyawarah Rakyat Indonesia (Musra), Panel Barus, menyebut Musra kedua akan berlangsung di Makassar, Sulawesi Selatan, pada 2 Oktober 2022.

“Kami akan melangsungkan Musra itu berjalan pada 2 Oktober,” ucapnya.

Relawan Jokowi juga telah mengadakan Musra Relawan di Bandung, Jawa Barat, pada Agustus 2022. Jokowi hadir langsung membuka acara Musra pertama tersebut.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya