Puan Maharani Absen, Rapat Paripurna Hanya Dihadiri 57 Anggota DPR

Rapat paripurna dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco

Jakarta, IDN Times — Rapat Paripurna DPR ke-24 pembukaan masa sidang V tahun sidang 2022-2023 tidak dihadiri oleh Ketua DPR RI Puan Maharani pada Selasa (23/5/2023).

Agenda rapat paripurna tanpa kehadiran Puan Maharani itu adalah penyampaian pendapat fraksi atas kerangka ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal RAPBN tahun anggaran 2024.

1. Rapat hanya dihadiri 57 anggota

Puan Maharani Absen, Rapat Paripurna Hanya Dihadiri 57 Anggota DPRSuasana Kompleks Parlemen Senayan di Jakarta, Senin (16/8/2021). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar.

Rapat paripurna dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. Pimpinan DPR lainnya yang hadir fisik antara lain Lodewijk F Paulus dan Rachmat Gobel.

Menteri Keuangan Sri Mulyani beserta jajaran Kementerian Keuangan juga turut hadir.

Sementara itu anggota DPR RI yang menghadiri paripurna secara fisik hanya berjumlah 57 orang.

“Menurut catatan Sekretariat Jenderal DPR RI, daftar hadir pada permulaan rapat paripurna hari ini telah ditandatangani oleh hadir fisik sebanyak 57 orang, hadir virtual 235, dan izin 160,” kata Dasco.

Baca Juga: MKD Proses Laporan Anggota DPR Diduga KDRT Istri

2. Puan kunker ke Sukabumi

Puan Maharani Absen, Rapat Paripurna Hanya Dihadiri 57 Anggota DPRPuan Maharani saat kunjungan kerja ke Sukabumi.

Diketahui Puan Maharani sedang mengikuti acara BKKBN ‘Perempuan Sukabumi Melawan Stunting’ di Sukabumi sejak Sabtu (20/5/2023).

Saat menyampaikan sambutan, Puan berbicara mengenai bahaya stunting bagi anak. Ia mengatakan, perempuan-perempuan sebagai calon ibu wajib mengetahui tentang bahaya stunting pada anak.

Menurut Puan, stunting berkontribusi pada siklus kemiskinan yang berkelanjutan. Sebab anak-anak yang menderita stunting memiliki risiko lebih tinggi mengalami keterbatasan pendidikan, kesempatan kerja yang terbatas, dan kemiskinan di masa dewasa.

“Karena itu perempuan harus benar-benar tahu dan paham tentang bahaya stunting, bagaimana agar anak-anak kita tidak terkena stunting, bagaimana agar anak-anak kita bisa lahir dan tumbuh besar dengan sehat. Sehingga mereka bisa menjadi kebanggaan orang tua, keluarga dan bangsa,” ujar Puan.

3. Puan sering absen rapat paripurna

Puan Maharani Absen, Rapat Paripurna Hanya Dihadiri 57 Anggota DPRRapat Paripurna DPR RI Ke-5 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2019-2020 (Twitter/@DPR_RI)

Sebelumnya, Puan sudah dua kali absen Rapat Paripurna di masa persidangan IV tahun 2022-2023.

Saat pembukaan masa persidangan 10 Januari 2023 lalu, Puan Maharani tak hadir karena berada di acara HUT ke-50 PDIP. Paripurna kala itu dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel.

Sementara pada penutupan masa sidang IV tahun 2022-2023 Februari lalu, DPR hanya mengagendakan pidato Ketua DPR RI. Dalam penutupan masa sidang itu, rapat diwakili oleh Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad.

Baca Juga: Puan Sebut DPR Segera Bahas RUU Perampasan Aset

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya