Comscore Tracker

Puan Maharani Pastikan Panggil Mendag Bahas Kasus Mafia Migor

Mendag Lutfi bakal dipanggil DPR Senin depan

Jakarta, IDN Times - Ketua DPR RI Puan Maharani memastikan bakal memanggil Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi terkait masalah internal Kemendag dalam kasus mafia minyak goreng. Hal itu terkait Dirjen Perdagangan Luar Negeri (PLN) Kemendag, Indrasari Wisnu Wardhana yang ditetapkan sebagai tersangka kasus suap minyak goreng.

Puan memastikan Rapat Kerja (Raker) dengan Mendag Lutfi akan digelar di DPR pada pekan depan meski saat ini para anggota dewan sedang dalam masa reses.

“Mungkin minggu depan sebelum Lebaran akan ada rapat dengan Mendag di masa reses. Ini untuk membahas carut marut kelangkaan migor dan masalah internal yang terjadi,” kata Puan saat ditemui wartawan di Senayan, Jakarta, Jumat (22/4/2022).

Baca Juga: Fadli Zon Minta Kejagung Usut Mafia Migor Sampai Mendag Lutfi

1. DPR dukung kasus mafia migor diusut tuntas

Puan Maharani Pastikan Panggil Mendag Bahas Kasus Mafia MigorMuhammad Lutfi (Youtube.com/The U.S. - Indonesia Society (USINDO))

Puan menyampaikan pihaknya sangat mendukung proses hukum yang sedang berlangsung kepada empat tersangka kasus gratifikasi izin ekspor minyak sawit mentah (CPO). Salah satu tersangka, yakni Indrasari Wisnu Wardhana merupakan pejabat pemerintah di Kemendag.

Politikus PDI Perjuangan ini juga meminta agar aparat penegak hukum bisa mengusut tuntas siapa saja oknum mafia migor.

“Tentu saja saya minta supaya kejaksaan bisa mengusut oknum-oknum atau pihak-pihak yang memang kemudian terlibat dalam proses atau hal-hal yang ada di lapangan sehingga tejadinya kelangkan minyak goreng,” ujar Puan.

Baca Juga: Anak Buahnya Jadi Tersangka Suap Minyak Goreng, Mendag Diminta Mundur

2. Mendag Lutfi bakal dipanggil DPR Senin depan

Puan Maharani Pastikan Panggil Mendag Bahas Kasus Mafia MigorMuhammad Lutfi (ANTARA FOTO/Ismar Patrizki)

DPR dikabarkan akan memanggil Mendag Lutfi pada Senin 25 April 2022. Kabar itu disampaikan Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel usai bertemu dengan perwakilan massa aksi pada Kamis 21 April kemarin.

Meski bakal bertemu Lutfi, Gobel menepis bahwa pemanggilan Mendag itu bertujuan untuk meminta penjelasan atas kasus gratifikasi izin ekspor CPO yang melibatkan Dirjen Perdagangan Luar Negeri (PLN) Kemendag Indrasari Wisnu Wardhana.

Dia mengatakan pihaknya tidak akan membahas itu dalam rapat kerja nanti. Akan tetapi, ada beberapa hal lainnya yang akan dibahas bersama Mendag.

“Tentu hal-hal yang lainnya juga kami bahas. (Soal Dirjen PLN Kemendag), kami enggak bahas ke situ,” ujar dia.

3. Dugaan Mendag terlibat izin ekspor CPO

Puan Maharani Pastikan Panggil Mendag Bahas Kasus Mafia MigorPolitikus Partai Gerindra Fadli Zon (IDN Times/Linda Juliawanti)

Sementara anggota DPR RI lainnya, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menyinggung perihal keterlibatan Mendag Lutfi dalam kasus gratifikasi izin ekspor CPO.

Menurut Fadli Zon, penelusuran kasus mafia migor harus terus diusut bahkan hingga atasan Dirjen, yaitu Mendag Lutfi. “Karena kan disebut sendiri oleh menterinya gitu, ya juga harus ditelusuri pihak-pihak yang terkait, apakah sampai di dirjen atau saya tidak tahu juga, apakah menterinya juga ikut,” kata Fadli.

Baca Juga: Dirjen Kemendag Tersangka Suap Migor, Bukti Pejabat Bagian dari Mafia

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya