Sayembara Desain Istana Wapres IKN Dihelat, Hadiahnya Rp3,4 M

Ada empat rancangan bangunan yang disayembarakan

Jakarta, IDN Times Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar sayembara desain Istana Wakil Presiden dan gedung MPR-DPR yang akan dibangun di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. PUPR menyebut total hadiah untuk pemenang dalam sayembara ini mencapai Rp3,4 miliar.

Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti mengatakan, sayembara desain bangunan Istana Wapres dan gedung pemerintahan ini digelar sebagai salah satu langkah pemerintah melibatkan masyarakat dalam proses pembangunan IKN.

“Kementerian PUPR akan mencoba untuk mengundang seluruh masyarakat agar terlibat di dalam proses penyusunan perencanaan konstruksi, sekaligus kami juga ingin mendapatkan desain yang terbaik,” kata Diana, dilansir ANTARA, Minggu (27/3/2022).

1. Rancang empat bangunan dalam sayembara di IKN Nusantara

Sayembara Desain Istana Wapres IKN Dihelat, Hadiahnya Rp3,4 MDesain Istana IKN oleh Nyoman Nuarta (instagram.com/nyoman_nuarta)

Diana menjelaskan, ada empat bangunan yang disayembarakan. Selain sayembara desain kawasan dan bangunan Istana Wakil Presiden, ada juga sayembara desain kawasan perkantoran lembaga legislatif (MPR, DPR, DPD), hingga desain kawasan kompleks perkantoran lembaga yudikatif (MA, MK, KY).

Terakhir yakni desain konsep area Danau Pancasila yang akan menjadi kompleks peribadatan. Desain yang dikirim diharapkan memuat lengkap bangunan peribadatan selain masjid, antara lain vihara, gereja, katedral, pura, dan kelenteng.

“Bangunan-bangunan peribadatan ini juga kita sayembarakan, walaupun kemarin sudah ada satu yakni bangunan peribadatan masjid yang sudah terpilih kemarin oleh Presiden RI dalam desain bersama para arsitek,” kata Diana.

Baca Juga: IKN Pakai Dana Urunan, Pakar: Tidak Masuk Akal! 

2. Kriteria desain harus sesuai ketetapan KIPP IKN

Sayembara Desain Istana Wapres IKN Dihelat, Hadiahnya Rp3,4 MNagara Rimba Nusa sebagai pemenang sayembara desain IKN (IDN Times/ Kemenkoinfo RI)

PUPR menekankan, desain kawasan dan bangunan yang dikirim peserta harus sesuai dengan ketetapan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

Konsep yang terpilih merupakan desain yang memenuhi standar pembuatan gedung dan bangunan, memperhatikan potensi kebencanaan, serta aman dan sesuai dengan tema Future Smart Forest City of Indonesia.

“Desain harus mencerminkan identitas bangsa dalam desain interior maupun eksterior bangunan. Memperhatikan peraturan dan ketentuan yang berlaku tentang bangunan gedung negara. Menerapkan prinsip green building dan menerapkan prinsip kemudahan gedung,” kata dia.

3. Jadwal pendaftaran sayembara desain di IKN Nusantara

Sayembara Desain Istana Wapres IKN Dihelat, Hadiahnya Rp3,4 MProsesi tanah dan air Gentong Nusantara di IKN Nusantara, Senin (14/3/2022). Foto YouTube Biro Pers, Media Kepresidenan

Pendaftaran sayembara dibuka pada 28 Maret 2022-8 April 2022. Pengumuman pemenang sayembara dilangsungkan pada 24 Juni 2022, sementara penyerahan hadiah kepada masing-masing pemenang akan dilakukan 27 Juni 2022.

Total hadiah senilai Rp3,4 miliar akan diberikan pada 12 pemenang. PUPR menyebut tiga karya terbaik akan diberikan penghargaan sebesar Rp500 juta untuk pemenang pertama, Rp250 juta untuk pemenang kedua, dan Rp100 juta untuk pemenang ketiga.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, peserta bisa mengakses laman resmi di https://sayembaraikn.pu.go.id/

Baca Juga: [WANSUS] Cerita Nyoman Nuarta di Balik Desain Istana Presiden di IKN

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya