Survei: Warga Puas Kinerja Jokowi Pilih Ganjar, Tak Puas Pilih Anies 

Sebaran pemilih Jokowi di 2019 lebih pilih Ganjar

Jakarta, IDN Times — Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis hasil survei sebaran dukungan pemilih Presiden Joko “Jokowi” Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin terhadap sejumlah bakal capres.

Menurut survei, sebaran dukungan pemilih yang puas terhadap kinerja Jokowi cenderung memilih Ganjar Pranowo sebagai capres. Sementara pemilih yang tidak puas dengan Jokowi akan memilih Anies Baswedan.

Survei dilakukan pada 21-27 November 2022 menggunakan metode multistage random sampling dengan 1.220 responden. Margin of error 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

1. Tingkat kepuasan terhadap Jokowi 73,2 persen, mayoritas suara ke Ganjar

Survei: Warga Puas Kinerja Jokowi Pilih Ganjar, Tak Puas Pilih Anies Politikus PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Tingkat kepuasan terhadap kinerja Jokowi-Ma’ruf Amin dalam survei Poltracking mencapai 73,2 persen. Menurut survei itu, mayoritas pemilih yang puas terhadap kinerja Jokowi memilih Ganjar Pranowo sebagai capres.

Suara Ganjar berdasarkan kepuasan terhadap kinerja Jokowi mencapai 38,7 persen, berselisih jauh dengan Prabowo Subianto 26,5 persen, dan Anies Baswedan 25,3 persen.

“Terlihat yang sangat puas dan cukup puas terhadap kinerja Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin memilih Ganjar Pranowo 38,7 persen,” kata kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda, Kamis (22/12/2022).

Baca Juga: Survei: Ganjar Capres Paling Disukai Pemilih Millennial dan Gen Z

2. Responden tak puas terhadap kinerja Jokowi pilih Anies

Survei: Warga Puas Kinerja Jokowi Pilih Ganjar, Tak Puas Pilih Anies IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Sementara itu, responden yang mengaku tidak puas dan kurang puas terhadap kinerja pemerintah hari ini sebanyak 19 persen.

Responden yang tak puas terhadap kinerja Jokowi juga mengaku akan memilih Anies Baswedan sebagai capres (42,4 persen), Prabowo Subianto (35,7 persen), dan Ganjar Pranowo (11,6 persen).

3. Sebaran dukungan berdasarkan pemilih Pilpres 2019

Survei: Warga Puas Kinerja Jokowi Pilih Ganjar, Tak Puas Pilih Anies ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Berdasarkan Pilpres 2019, pemilih Jokowi-Ma’ruf Amin cenderung akan memilih Ganjar Pranowo 53,7 persen dibanding dua nama lainnya seperti Anies Baswedan (20,7 persen), dan Prabowo Subianto (17 persen).

Cluster pemilih Jokowi-Ma’ruf sebanyak 44,6 persen. Sementara pemilih Prabowo-Sandiaga Uno pada 2019 lalu memiliki cluster pemilih 36 persen.

Pemilih Prabowo-Sandiaga cenderung kembali memilih Prabowo Subianto 48,1 persen di 2024. Namun pemilih ini juga terpecah suara ke dua kandidat lain yakni Anies Baswedan (35,3 persen), dan Ganjar Pranowo (10,6 persen).

Baca Juga: Survei Poltracking: Elektabilitas PDIP Menguat, Demokrat Menurun

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya