Viral Video Ikan Berlompatan ke Daratan Banyuwangi, Hal Lumrah

Suhu perairan yang rendah membuat ikan sampai ke tepi

Banyuwangi, IDN Times - Sebuah rekaman video ikan-ikan kecil berlompatan naik ke pesisir pantai Kabupaten Banyuwangi, viral di media sosial. Dalam video berdurasi 37 detik tersebut tampak sejumlah warga memanen ikan-ikan itu menggunakan alat seadanya.

1. Kejadian itu merupakan hal yang lumrah

Viral Video Ikan Berlompatan ke Daratan Banyuwangi, Hal LumrahPotongan gambar dalam video ikan menepi di Banyuwangi. IDN Times/Istimewa

Kabid Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Banyuwangi, Suryono Bintang Samudera mengatakan, dari laporan yang diterima, peristiwa tersebut terjadi di dermaga Pantai Boom Banyuwangi. Jenis ikan yang loncat merupakan anakan lemuru, atau warga pesisir menyebut ikan semenit.

Suryono mengatakan, naiknya ikan ke tepi pantai Banyuwangi merupakan hal lumrah. Sebab ikan anakan lemuru tersebut bersifat bergerombol dan diduga kuat melompat sampai ke tepi pantai karena dikejar predator ikan besar.

"Sifat lemuru selalu bergerombol, saat ada predator seperti ikan Lumba-lumba yang memangsa, maka akan lari tergiring ke tepi dan melompat ke tepi karena terdesak," kata Suryono, Selasa (10/8/2021).

2. Musim ikan melimpah

Viral Video Ikan Berlompatan ke Daratan Banyuwangi, Hal LumrahPotongan gambar dalam video ikan menepi di Banyuwangi. IDN Times/Istimewa

Selain itu, kata Suryono, memasuki Bulan Agustus siklus arus air dan suhu yang memadai membuat ikan lemuru jumlahnya melimpah. Kondisi tersebut memungkinkan juga terjadi di sepanjang pesisir pantai Banyuwangi.

"Bulan Agustus ikan lemuru jumlahnya sedang melimpah dan kemungkinan juga terjadi di kawasan selat Bali dan pesisir utara. Kejadian ikan melompat ke tepi juga sering terjadi di Indonesia," jelasnya.

Baca Juga: Menyejukkan Mata, 5 Penginapan di Banyuwangi Berlatar Pemandangan Alam

3. Hal itu terjadi bukan karena adanya pencemaran

Viral Video Ikan Berlompatan ke Daratan Banyuwangi, Hal LumrahPotongan gambar dalam video ikan menepi di Banyuwangi. IDN Times/Istimewa

Suryono menegaskan, kondisi ikan melompat ke tepi bukan karena pencemaran perairan laut. Sebab, dampak pencemaran lebih membuat ikan mati.

"Kalau tercemar polusi pasti sebagian ada yang mati. Itu masih hidup semua," terangnya.

Sementara itu, Nawawi (53) salah satu warga Muncar yang biasa memancing di perairan Muncar menyebut naiknya anakan ikan lemuru merupakan hal lumrah.

"Itu biasa terjadi, saat saya mancing ikan sering ikan kecil lompat naik ke perahu karena dikejar ikan besar," katanya.

Baca Juga: 5 Spesies Ikan yang Coraknya Seperti Hewan Lain, Ada Ikan Jerapah

Mohamad Ulil Albab Photo Verified Writer Mohamad Ulil Albab

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya