Ada Krisis Global, Demokrat Ajari Emak-Emak Atur Keuangan

Demokrat sindir pemerintah kerap sebut ketidakpastian global

Jakarta, IDN Times - Fraksi Demokrat DPR RI menggelar pelatihan budgetting & financial planning di Gedung Nusantara DPR RI, Jakarta. Acara tersebut digelar Minggu (16/10/2022), dalam rangka memperingati Hari Parlemen Indonesia.

Ketua Fraksi Demokrat DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas mengatakan, pelatihan itu diberikan kepada Srikandi Demokrat. Ibas mengatakan, pelatihan kepada emak-emak mengenai pengaturan keuangan penting.

Terlebih, dunia saat ini sedang mengalami krisis. Menurutnya, setiap orang harus memiliki kemampuan untuk mengelola keuangan.

"Hari Parlemen ini mengingatkan kita tentang pentingnya lembaga perwakilan rakyat yang ditugaskan untuk mewadahi aspirasi masyarakat. Oleh karenanya, DPR RI memiliki peranan penting sebagai pemersatu bangsa dalam bingkai NKRI," ujar Ibas dalam keterangannya.

"Sebab, melalui anggota dewan, masyarakat dapat menyampaikan aspirasi mereka. Apalagi di depan kita banyak sekali tantangan, seperti resesi global, gejolak keuangan, inflasi dan harga-harga yang tinggi, membesarnya angka kemiskinan dan pengangguran, serta ketimpangan yang semakin menganga,” sambungnya.

Baca Juga: Politikus Demokrat: Anies Tak Obral Janji Seperti Jokowi

1. Ibas ingatkan kader Demokrat untuk mau mendengarkan keluhan masyarakat

Ada Krisis Global, Demokrat Ajari Emak-Emak Atur KeuanganFraksi Demokrat DPR RI menggelar pelatihan budgetting & financial planning di Gedung Nusantara DPR RI, Jakarta (dok. Demokrat)

Dalam kesempatan itu, Ibas mengingatkan kepada kader, Srikandi, hingga emak-emak yang ada di Partai Demokrat untuk mau mendengarkan keluhan masyarakat.

"Perlu kita ingatkan diri sendiri, Anggota FPD DPR RI, Srikandi, dan perempuan Demokrat di manapun berada untuk menjaga marwah, kesatuan dan persatuan dalam perilaku yang positif serta solutif namun tetap berani, kritis, dan tajam dalam menyampaikan aspirasi rakyat,” ucap dia.

Menurutnya, tidak ada suara kecil dan besar, semua dari sisi manapun harus didengarkan.

Baca Juga: Ketika Anies Ucapkan Selamat ke AHY di Depan Ribuan Kader Demokrat

2. Ibas singgung pemerintah yang kerap nyatakan ketidakpastian ekonomi

Ada Krisis Global, Demokrat Ajari Emak-Emak Atur KeuanganFraksi Demokrat DPR RI menggelar pelatihan budgetting & financial planning di Gedung Nusantara DPR RI, Jakarta (dok. Demokrat)

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat itu kemudian menyinggung pemerintah yang kerap menyatakan ketidakpastian ekonomi saat ini. Menurutnya, hal itu seharusnya bisa diantisipasi apabila pemerintah membangun SDM yang unggul dan kreatif.

"Mengelola keuangan negara yang penuh lika-liku itu tugas pemerintah, yang mana biasanya diwakilkan oleh Kementerian Keuangan. Kalau menyangkut budget negara, tentu dibahas serta ada persetujuan dari DPR RI. Nah, kalau mengelola keuangan keluarga kira-kira tugas siapa? Apakah bapaknya? Ibunya? Istri atau suami? Atau istri-istrinya? Hahahaha jangan, ya, nanti tambah mumet bojo loro (nanti tambah pusing punya istri dua)," kata Ibas.

3. Ada tiga poin utama yang harus ada dalam pengelolaan keuangan

Ada Krisis Global, Demokrat Ajari Emak-Emak Atur KeuanganFraksi Demokrat DPR RI menggelar pelatihan budgetting & financial planning di Gedung Nusantara DPR RI, Jakarta (dok. Demokrat)

Ibas kemudian mengatakan, ada tiga poin utama yang harus ada dalam pengelolaan keuangan. Pertama, memahami perbedaan antara kebutuhan dan keinginan.

Kedua, memahami dan menghitung seluruh pendapatan dan pengeluaran, serta memahami. Ketiga, menyiapkan dana darurat serta jaga utang.

“Jangan seperti doraemon, ya, aku ingin begini, aku ingin begitu, banyak sekali. Ojo (jangan) besar pasak daripada tiang,” imbuhnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya