Ketika Anies Ucapkan Selamat ke AHY di Depan Ribuan Kader Demokrat

AHY lantik langsung DPAC Demokrat se-Jakarta

Jakarta, IDN Times - Gubenur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengucapkan selamat kepada Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) atas pelantikan serentak Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) Partai Demokrat se-Jakarta.

"Mas AHY yang saya hormati dan saya banggakan, selamat, Jakarta solid. Terima kasih pada seluruh keluarga besar Partai Demokrat di Jakarta yang telah berjalan bersama. Selamat atas pelantikan DPD dan DPAC Partai Demokrat Jakarta, salam hormat dari Balai Kota," kata Anies dalam sebuah video yang ditayangkan di layar panggung, GOR Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (11/10/2022).

Baca Juga: Willy Aditya: NasDem, PKS dan Demokrat Siapkan Cawapres Anies

1. Anies berhalangan hadir secara langsung ke acara Demokrat

Ketika Anies Ucapkan Selamat ke AHY di Depan Ribuan Kader DemokratIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Anies mengungkapkan alasannya tidak bisa menghadiri undangan dalam acara Partai Demokrat tersebut.

Dia mengatakan, dirinya berhalangan hadir lantaran harus menjalankan tugas pada masa akhir jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Izinkan kesempatan ini melalui rekaman kami menyampaikan selamat sekaligus mohon maaf karena tidak bisa hadir langsung secara fisik. Kebetulan ini adalah hari-hari terakhir dan ada begitu banyak tugas-tugas internal yang harus dituntaskan, saya mau izin tidak bisa hadir secara langsung," ujar dia.

Baca Juga: Relawan Minta Jokowi Copot 3 Menteri dari NasDem karena Dukung Anies

2. Demokrat siap raih kejayaan pada 2024

Ketika Anies Ucapkan Selamat ke AHY di Depan Ribuan Kader DemokratIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta, Mujiyono, memastikan seluruh kadernya siap bekerja untuk merebut kembali kejayaan Partai Demokrat pada Pemilu 2024 mendatang. 

Dalam sisa waktu selama 491 hari ke depan menjelang Pemilu, kata Mujiyono, Demokrat Jakarta akan melakukan kerja-kerja politik yang sistematis dan terukur. 

Dia mengaku optimistis mampu merebut kemenangan di Provinsi DKI Jakarta untuk Pemilu Legislatif, memenangkan Ketua Umum Partai Demokrat dalam Pemilihan Presiden, dan memenangkan Pilkada Provinsi DKI Jakarta.  

"Hanya dengan kemenangan ini kita dapat memperjuangkan perubahan dan perbaikan di segala bidang kehidupan masyarakat. Insyaallah, Partai Demokrat dapat mewujudkan Indonesia yang semakin maju dan semakin sejahtera," ujar dia.

Baca Juga: NasDem Capreskan Anies, Sekjen PDIP Sentil soal Penanganan Banjir

3. DPC Demokrat dilantik langsung oleh AHY

Ketika Anies Ucapkan Selamat ke AHY di Depan Ribuan Kader DemokratPelantikan serentak Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) Partai Demokrat se-Jakarta (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Mujiyono mengatakan, dalam kesempatan ini, ada 1.360 pengurus DPC dan DPAC Partai Demokrat di seluruh wilayah Provinsi DKI Jakarta yang mendapat amanah baru untuk turut meraih kemenangan bersama pada Pemilu 2024 mendatang. 

Pengurus DPC Partai Demokrat se-Jakarta tersebut dilantik langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono. Sementara, pengurus DPAC Partai Demokrat se-Jakarta dilantik oleh Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta, Mujiyono. 

"Sungguh suatu kebahagiaan bagi kami, para pengurus Partai Demokrat Provinsi DKI Jakarta karena Mas Ketum berkenan melantik pengurus DPC Partai Demokrat se-DKI Jakarta. Hari ini, di GOR Ciracas telah hadir kurang lebih 3.850 peserta yang siap membirukan Jakarta," ujar dia.

Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta itu menegaskan, sejak dilantik sebagai Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta, pada 15 Maret 2022 lalu, pihaknya tidak pernah berhenti bekerja untuk memenangkan Partai Demokrat di DKI Jakarta.

Adapun Demokrat Jakarta telah melaksanakan Orientasi dan Tim Building Pengurus DPD Demokrat DKI Jakarta pada 24–26 Maret 2022 di Grand Cempaka Puncak Bogor serta Rapimda DPD Partai Demokrat untuk menetapkan Program Kerja DPD Partai Demokrat Provinsi DKI Jakarta pada 26 Maret 2022 di lokasi yang sama.

Selain itu, Mujiyono juga melakukan reorganisasi di tingkat DPC melalui Muscab Serentak 6 DPC pada 28 Maret 2022. Kemudian melakukan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test bagi 44 pengurus DPAC Partai Demokrat pada 15–18 Juni 2022.

Bahkan, Demokrat Jakarta berhasil menjaring 111 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) pada penjaringan tahap I bakal calon anggota legislatif DPRD Provinsi DKI yang dilakukan fit and proper test untuk bacaleg DPRD di 10 daerah pemilihan. Penjaringan bacaleg tersebut berhasil menjaring 72 orang di luar 10 incumbent. 

"Jadi saat ini, bacaleg DPRD Provinsi DKI Jakarta yang siap bertarung sudah terpenuhi 77,35 perse dari 106 caleg DPRD DKI Jakarta. Sisanya akan terus kita jaring dan seleksi sampai pendaftaran bacaleg pada April 2023 mendatang," ucap dia.

Baca Juga: Kader Demokrat Masih Kompak Dorong AHY Maju Pilpres 2024

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya