Adian Minta Tak Pilih Capres Langgar HAM, Gerindra Bela Prabowo

Gerindra sebut Prabowo tidak terbukti melanggar HAM

Jakarta, IDN Times - Politikus PDI Perjuangan, Adian Napitupulu, mengingatkan agar calon presiden (capres) yang memiliki rekam jejak melanggar HAM, tak dipilih dalam Pilpres 2024. 

Tak hanya itu, aktivis 1998 ini juga juga mengingatkan agar tidak memilih capres yang punya riwayat korupsi.

Hal itu diungkapkan di hadapan relawan Ganjar Pranowo di Jakarta pada Minggu, 30 Juli 2023.

"Apakah kita mau Indonesia bebas korupsi? Ok, semua mau. Kalau kita mau Indonesia bebas korupsi, jangan pilih calon presiden yang pernah menjadi terpidana korupsi," ujar Adian.

"Apakah kita mau Indonesia tanpa kekerasan terhadap rakyatnya? Oke kalau kita mau Indonesia tanpa kekerasan, jangan pernah pilih calon presiden yang punya rekam jejak melakukan kekerasan terhadap rakyatnya. Gampang sekali, apakah kita mau Indonesia nanti, negara ini tidak melakukan pelanggaran HAM terhadap rakyatnya mau? Bagaimana caranya? Jangan pilih mereka yang punya rekam jejak melakukan pelanggaran HAM terhadap rakyatnya," sambungnya.

1. Pembelaan Gerindra untuk Prabowo

Adian Minta Tak Pilih Capres Langgar HAM, Gerindra Bela PrabowoWakil Ketua Umum Gerindra, Habiburokhman di kompleks parlemen, Jakarta, Jumat (17/9/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Terkait dengan pernyataan Adian itu, Wakil Ketua Umum DPP Gerindra, Habiburokhman pasang badan. Menurutnya, Ketua Umum DPP Gerindra, Prabowo Subianto tidak melanggar HAM.

Habiburokhman, apabila hal itu terjadi, tidak mungkin Prabowo dijadikan calon wakil presiden oleh Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri, pada Pilpres 2009.

"Kami sepakat dengan pernyataan tersebut, Adian orang baik dan sangat mengerti hukum. Itu adalah pernyataan normatif saja,” kata Habiburokhman dalam keterangannya.

Baca Juga: Prabowo atau Ganjar, Relawan Masih Menanti Titah Jokowi

2. Gerindra yakin pernyataan Adian bukan untuk Prabowo

Adian Minta Tak Pilih Capres Langgar HAM, Gerindra Bela PrabowoMenteri Pertahanan Prabowo Subianto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Habiburokman meyakini, pernyataan Adian itu tidak tendensius ditujukan kepada Prabowo. Sebab, Prabowo saat ini berada di dalam koalisi pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

“Kami sepakat dengan pernyataan tersebut, Adian orang baik dan sangat mengerti hukum. Itu adalah pernyataan normatif saja,” beber dia.

3. Isu pelanggaran HAM kerap ditempelkan ke Prabowo jelang pemilu

Adian Minta Tak Pilih Capres Langgar HAM, Gerindra Bela PrabowoMenteri Pertahanan Prabowo Subianto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Habiburokhman menyebut isu pelanggaran HAM kerap disematkan kepada Prabowo jelang Pemilu 2024.

“Yang jelas tak ada setitik pun fakta hukum bahwa Pak Prabowo pernah melanggar HAM. Terkait fitnah di media sosial soal kasus penghilangan paksa crystal clear Pak Prabowo tidak bersalah,” kata dia.

"Tidak ada satu alat bukti pun dalam persidangan Tim Mawar yang menyebut keterlibatan Pak Prabowo sebagai orang yang melakukan, bersama-sama melakukan atau menyuruh melakukan penculikan tersebut,” imbuhnya.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Adian Napitupulu Sebut Ada 1.200 Organisasi Relawan Ganjar

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya