Akun X Kemhan Unggah Tagar #PrabowoGibran2024, Istana: Harus Evaluasi

Admin Kemhan minta maaf

Jakarta, IDN Times - Akun media sosial X milik Kementerian Pertahanan (Kemhan) sempat mengunggah cuitan dengan tagar #PrabowoGibran2024. Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana mengatakan Kemhan harus melakukan evaluasi internal.

"Supaya dievaluasi oleh internal Kemhan soal itu," ujar Ari di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Senin (21/1/2024).

Baca Juga: Akun X Kemhan Sempat Cuit Tagar #PrabowoGibran2024, Kok Bisa?

1. Harus netral

Akun X Kemhan Unggah Tagar #PrabowoGibran2024, Istana: Harus EvaluasiKoordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana (IDN Times/Istimewa)

Ari mengatakan, kementerian dan lembaga negara harus netral dalam menghadapi Pemilu 2024. Oleh karena itu, dia mengingatkan semua pihak untuk menyadari hal tersebut.

"Ya, kita harus menyadari era sekarang ini, era kompetisi politik, pemilu, betul-betul harus dijaga netralitas dari seluruh kementerian/lembaga, termasuk juga ASN, TNI, Polri. Arahan presiden tegas sekali, netralitas ASN, TNI, Polri menjadi satu prinsip penting yang harus dijaga kementerian/lembaga," kata dia.

Baca Juga: Benarkah Program Kemhan Kena Refocusing seperti Kata Prabowo?

2. Unggahan Kemhan saat ada kegiatan KSAU

Akun X Kemhan Unggah Tagar #PrabowoGibran2024, Istana: Harus EvaluasiTangkapan layar cuitan Kementerian Pertahanan yang menggunakan tagar Prabowo-Gibran. (Tangkapan layar Twitter Kemhan)

Akun X mlik Kementerian Pertahanan pada Minggu (21/1/2024), menyertakan tagar #PrabowoGibran2024 saat mengunggah foto kegiatan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) di Provinsi Kepulauan Riau. Cuitan itu sempat diunggah sebelum debat capres ronde keempat digelar pada Minggu malam. 

Di dalam cuitan yang beredar luas di media sosial, terlihat KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo meresmikan dua mess dan 22 unit tempat tinggal bagi prajurit TNI di Lanud Raden Sadjad Natuna, Kepulauan Riau pada 18 Januari 2024. Lalu, diikuti tagar #PrabowoGibran2024.

Kepala Biro Humas Setjen Kemhan Brigjen Adrian Sumantha tak merespon ketika dikonfirmasi IDN Times. Sementara itu, Menhan Prabowo ketika berkampanye di Majalengka juga enggan menanggapi hal itu.

Belakangan, unggahan dengan tagar #PrabowoGibran2024 telah dihapus. Foto kegiatan itu kembali diunggah tanpa menyertakan tagar tersebut.

Baca Juga: Prabowo Ucapkan Selamat Ultah Megawati, Beri Doa Ini

3. Admin akun X Kemhan Minta Maaf

Akun X Kemhan Unggah Tagar #PrabowoGibran2024, Istana: Harus EvaluasiCuitan admin Kemhan soal kehilafan cuitan tagar #PrabowoGibran2024. (Tangkapan layar Twitter)

Unggahan mengenai tagar #PrabowoGibran2024 itu rupanya disadari oleh warganet. Mereka sempat mengabadikan cuitan tersebut sebelum dihapus. Unggahan itu kemudian dimaknai sebagai sikap yang tidak netral dari instansi pemerintah. 

Lalu, admin platform X Kemhan sempat merespons ramainya cuitan tagar tersebut di akun @Trending_Issue. Admin mengaku khilaf dan cuitan tersebut salah pencet. 

"Halo, siap, kami tetap netral. Maaf yah sepertinya mimin salah pencet, autohashtag. Beritanya juga tentang KSAU. Maafkan khilaf mimin dan sudah buat kegaduhan," demikian cuit admin di balik akun platform X Kemhan pada 21 Januari 2024. 

Kemudian cuitan tersebut juga dihapus oleh admin Kemhan.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya