Alasan Murad Ismail Dicopot dari Jabatan Ketua DPP PDIP Maluku

Megawati minta semua kader taat aturan partai

Jakarta, IDN Times - DPP PDI Perjuangan mencopot Gubernur Maluku, Murad Ismail, dari jabatannya sebagai Ketua DPP PDI Perjuangan Maluku. Wakil Sekretaris Jendral DPP PDI Perjuangan Bidang Kerakyatan, Sadarestuwati, pembebastugasan Murad sebagai Ketua DPP PDIP Maluku sudah sesuai mekanisme organisasi.

“Pak Murad Ismail menunjukkan sikapnya yang tidak terpuji. Sebab ketika Pak Djarot Syaiful Hidayat dan Pak Komarudin Watubun melakukan klarifikasi, tiba-tiba Pak Murad menunjukkan sikap emosional. Sikap tersebut jauh dari karakter seorang pemimpin yang bijak dalam menyelesaikan permasalahan," ujar Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan, Sadarestuwati dalam keterangannya, Selasa (9/5/2023).

1. Istri Murad pindah dari PDIP ke PAN

Alasan Murad Ismail Dicopot dari Jabatan Ketua DPP PDIP MalukuBendera PDI Perjuangan (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Ketua DPP PDIP Perjuangan Bidang Perempuan, Sri Rahayu, menyayangkan sikap murad yang mementingkan urusan keluarga dibanding masyarakat. Sebab, Murad dianggap membela istrinya yang keluar dari PDI Perjuangan dan pindah ke Partai Amanat Nasional (PAN) untuk daftar menjadi calon legislatif (caleg).

Dalam aturan PDIP, dalam satu keluarga tidak boleh berbedap partai.

“Sebagai gubernur yang diusung oleh PDI Perjuangan seharusnya Pak Murad lebih mengedepankan kepentingan rakyat, bangsa, dan negara. PDI Perjuangan memiliki aturan Partai bahwa suami istri tidak boleh berbeda partai," ujar dia.

Baca Juga: Sekjen PDIP Sebut Elektabilitas Ganjar Melejit setelah Jadi Capres

2. Murad menunjukkan sikap emosional ketika diminta klarifikasi oleh DPP PDIP

Alasan Murad Ismail Dicopot dari Jabatan Ketua DPP PDIP MalukuBendera PDI Perjuangan (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Berkaitan dengan istrinya pindah ke PAN, ketuka DPP PDIP, Djarot Syaiful Hidayat kemudian meminta klarifikasi kepada murat. Saat klarifikasi itu, Murad dianggap menunjukkan sikap emosional.

"Namun ternyata Pak Murad malah menunjukkan sikap emosional dihadapan Pak Djarot Syaiful Hidayat yang dikenal sebagai sosok yang santun, sosok pendengar, dan selalu mencari solusi dengan cara musyawarah," kata Sri Rayahu.

3. Sikap emosional Murad dilaporkan ke Megawati

Alasan Murad Ismail Dicopot dari Jabatan Ketua DPP PDIP MalukuKetua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri (dok. PDIP)

Sikap emosional yang ditunjukkan Murad itu kemudian dilaporkan ke Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Presiden ke-5 RI itu kemudian meminta seluruh kader untuk patuh daan disiplih terhadap peraturan partai.

“Partai dibangun atas keteguhan dalam ideologi dan disiplin kader. Atas dasar hal tersebut, maka Partai mengambil keputusan membebas tugaskan Saudara Murad Ismail dari jabatan sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan, dan menetapkan Saudara Benhur Watubun sebagai Ketua DPD dan Mercy Barends sebagai Sekretaris DPD Partai," kata Sri Rahayu.

"Apa yang terjadi di Maluku tersebut untuk menjadi pelajaran penting, bagaimana setiap kader Partai agar bisa menjaga perilaku, bersikap santun, namun tegas dan kokoh di dalan membela rakyat kecil," imbuhnya.

Baca Juga: Kejutan di HUT PDIP, Ganjar: Bu Mega Kepengin PDIP Menang Hattrick

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya