Anaknya Diduga Monopoli Bisnis di Lapas, Yasonna: Bohong Besar Itu

Yasonna beberkan dosa Tio Pakusadewo selama di lapas

Jakarta, IDN Times - Putra Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly diduga memonopoli bisnis di lembaga pemasyarakatan (lapas). Dugaan itu bermula dari wawancara aktor Tio Pakusadewo dalam podcast Uya Kuya.

Namun, Tio tak menyebutkan nama dalam wawancara tersebut. Yasonna membantah dugaan itu. Menurutnya, pernyataan yang disampaikan Tio adalah bohong.

"Ah bohong besar itu, gak ada, nanti ada keterangan dari kalapasnya," ujar Yasonna di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (2/5/2023).

Baca Juga: Anak Menkumham Diduga Monopoli Bisnis Lapas, Wamenkumham: Baru Rumor

1. Yasonna sebut Tio Pakusadewo pernah jadi pelatih di Jeera Foundation

Anaknya Diduga Monopoli Bisnis di Lapas, Yasonna: Bohong Besar ItuMenkumham saat memberikan keynote speeh Hari Kekayaan Intelektual Sedunia 2021 (dok. Humas Kemenkumham)

Dalam kesempatan itu, Yasonna menyebut Tio ketika berada di lapas juga pernah menjadi pelatih di Jeera Foundation, yang disebutkan sebagai tempat bisnis monopoli anaknya.

"Itu kan si Tio pernah dua kali di sana, dia juga pernah dipakai Jeera menjadi pelatih. Jadi, Jeera itu yayasan yang membina napi, barista, kulit, mereka memang ada kerja sama dengan koperasi di tempat dia itu. Tio pernah diminta pelatih," ucap dia.

Baca Juga: Sipir Lapas di Lampung Pamer Harta, Menkumham Usut Unsur Pidana

2. Yasonna sebut Tio pernah masuk dalam sel khusus karena pelanggaran berat

Anaknya Diduga Monopoli Bisnis di Lapas, Yasonna: Bohong Besar ItuMenkumham saat memberikan keynote speeh Hari Kekayaan Intelektual Sedunia 2021 (dok. Humas Kemenkumham)

Lebih lanjut, Yasonna mengatakan, Tio kemudian diberhentikan dari pelatih di Jeera karena melakukan kesalahan. Tio juga pernah masuk dalam straft cell atau sel khusus bagi warga binaan yang terbukti melakukan kesalahan di dalam rutan.

"Tapi karena dia melakukan pelanggaran berat, diberhentikan. Bahkan dia pernah dimasukkan ke straft cell. Nanti biar karutan (kepala rutan) yang menjelaskan," kata dia.

3. Yasonna tegaskan anaknya tak masuk dalam Yayasan Jeera Foundation

Anaknya Diduga Monopoli Bisnis di Lapas, Yasonna: Bohong Besar ItuMenteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly (dok. Humas Kemenkumham)

Yasonna kemudian menegaskan, anaknya tak masuk dalam jajaran Yayasan Jeera Foundation.

"Gak ada, gak ada. Yayasan Jeera kan latihan napi, yayasan ini ada, bukan dia (anak saya) ada di situ. Yayasan kerja sama dengan lapas melatih napi untuk ada yang jadi barista, kulit, kalau kalian lihat ada produk-produk kulit, nah mereka itu," imbuhnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya