Anies Terkuat Jadi Capres 2024 di Pembahasan PKS, NasDem dan Demokrat

Meski demikian, tak tertutup peluang nama lain

Jakarta, IDN Times - Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi yang terkuat untuk diusung sebagai calon presiden (capres) 2024 dalam komunikasi antara PKS, NasDem, dan Demokrat. Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara PKS, Muhammad Kholid.

"Sejauh ini iya (Anies paling kuat). Tapi, tidak menutup peluang yang lain," ujar Kholid kepada IDN Times, Senin (19/9/2022).

Baca Juga: PKS: Peluang Koalisi dengan NasDem dan Demokrat Sangat Besar!

1. Masih dalam pembahasan format koalisi

Anies Terkuat Jadi Capres 2024 di Pembahasan PKS, NasDem dan DemokratJuru Bicara PKS, Muhammad Kholid ditemui di kawasan Jakarta Pusat pada Sabtu (23/11) dalam diskusi bertajuk "Efek Milenial Di Lingkaran Istana" (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Kholid mengatakan, komunikasi PKS, NasDem, Demokrat saat ini berada pada tahap pembahasan format koalisi. Dalam pertemuan itu, masing-masing partai menyampaikan aspirasinya.

"Setiap partai berhak menyampaikan harapannya. Karena, kami memakai pendekatan Equal Partnership atau kesetaraan," ucap dia.

Baca Juga: Mesra dengan PKS-Demokrat, Nasdem Segera Umumkan Koalisi dan Capres

2. Tak mudah mencapai titik temu

Anies Terkuat Jadi Capres 2024 di Pembahasan PKS, NasDem dan DemokratJuru Bicara PKS, M Khalid (batik) (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Lebih lanjut, Kholid mengaku tidak mudah mencapai titik temu dalam koalisi tersebut. Meski demikian, Kholid berharap PKS dapat menjalin koalisi dengan NasDem dan Demokrat pada Pemilu 2024.

"Kita sedang matangkan, semoga hasil komunikasinya maju dan bagus," kata dia.

3. PKS tak mau buru-buru umumkan koalisi

Anies Terkuat Jadi Capres 2024 di Pembahasan PKS, NasDem dan DemokratLogo baru PKS (Dok. PKS)

Kholid mengaku, partainya tak mau buru-buru mengumumkan koalisi. Harapannya, ketika umumkan koalisi, saat itu juga disampaikan capres-cawapres yang akan diusung.

"Nanti kayak sebelah (KIB), sudah deklarasi (koalisi), tapi belum jelas siapa capres-cawapresnnya," imbuh dia.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya